Minuman Segar untuk Buka Puasa: Sangria Mocktail

Nggak hanya es buah atau es kelapa, sangria mocktail juga bisa menjadi menu buka puasa andalan yang menyegarkan. Walaupun namanya sangria, tenang aja, yang satu ini nggak menggunakan wine atau alkohol. Melainkan menggunakan teh dan jus buah. Rasanya yang segar dan ditambah potongan buah cocok banget buat diminum saat berbuka puasa. Jadi seger-seger enak, apalagi ditambah es batu.

Ngomong-ngomong soal sangria, kalian tau nggak asal minuman ini? Sangria diyakini sebagai minuman khas orang Spanyol. Dikarenakan mereka punya kebuh anggur yang luas maka wine jadi minuman sehari-hari mereka. Nah selain minum wine, mereka juga suka makan buah segar. Dicampurlah wine dan buah yang ternyata rasanya nikmat dan segar. Nggak cuma red wine aja yang digunakan, tapi juga white wine.

Minuman ini cocok banget diminum saat musim panas karena rasanya menyegarkan. Yuk coba buat sangria halal alias sangria mocktail, berikut resepnya.

Bahan-bahan (untuk 2 gelas)

  • 1 kantung teh (black tea)
  • 2 batang kayu manis
  • 1 buah lemon
  • 1 buah apel merah
  • 1 buah kiwi
  • 200 ml jus jeruk
  • 1 sdm gula pasir
  • es batu

Cara membuat

  1. Rebus air hingga mendidih. Tuangkan ke gelas yang sudah diisi teh dan kayu manis
  2. Campurkan dengan gula pasir (bisa diganti madu), aduk rata, dan diamkan selama 5 menit
  3. Potong semua buah yang telah dicuci bersih
  4. Tuangkan 100 ml teh, 100 ml jus jeruk, es batu secukupnya pada satu gelas
  5. Tambahkan potongan buah dan siap disajikan

Pentingnya Asupan Buah untuk Menu Buka Puasa & Sahur

Hayo siapa yang pola makannya makin kacau di bulan puasa? Walaupun gorengan kayak lumpia bertebaran di mana-mana saat buka puasa, kontrol asupan kalian ya! Jangan lupa makan sayur dan buah. Beberapa ahli kesehatan mengungkapkan kalau asupan buah itu penting untuk dikonsumsi saat berbuka puasa maupun sahur agar puasa lancar.

Kalian perlu tau, usus akan mengecil saat puasa karena nggak ada makanan yang masuk ke perut. Dilansir dari detikHealth, Maka sebaiknya makanan pertama yang dikonsumsi pertama adalah buah atau sayur yang bisa menyegarkan dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Konsumsi buah juga bisa memperlancar BAB dan mengimbangi asupan lemak.

Kalian bisa memilih apel, anggur, semangka, melon, dan pir yang diyakini bagus untuk mengembalikan cairan tubuh setelah berpuasa. Buah tersebut juga mudah dicerna. Memang sebaiknya pilih buah yang manis, bukan yang asam untuk berbuka puasa. Untuk jus jeruknya, kalian bisa pilih jeruk yang manis ya.  Nah bagi kamu yang perutnya agak sensitif, bisa minum ini setelah mengonsumsi makanan manis (kurma) atau setelah salat tarawih biar perutnya nggak kaget. Selamat bikin minuman untuk buka puasa!

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply