Resep Banoffee Pie yang Praktis dan Enak

Sebenarnya udah lama banget pengen nyoba bikin banoffee pie, tapi entah kenapa tertunda terus. Nah karena saya abis icip banoffee pie dari hampers Lebaran-nya Cupcakes & Co plus ikutan cooking class bersama iLotte dan Lady Bake Cooking Class, akhirnya merealisasikan resep ini di dapur. Ternyata bikinnya gampang dan cepat. Ini juga cocok dijadikan menu buka puasa karena rasanya manis, dingin, dan prosesnya pun gampang karena nggak menggunakan oven alias disimpan di kulkas aja.

Eh kalian tau nggak apa itu banoffee pie? Dulu saya kira dessert ini mengandung campuran kopi karena ada unsur “offee”, lol. Ternyata nggak mengandung kopi sama sekali. Melainkan dari toffee, alias saus karamel yang dibuat dari susu kental manis. Pada dasarnya, dessert asal Inggris ini dibuat dari pisang, krim, dan saus karamel. Langsung aja yuk bikin banoffee pie. Kali ini saya bikinnya di dalam jar atau toples bekas selai. Bisa juga dibuat di toples atau cetakan alumunium foil.

Bahan-bahan (*untuk 6 jar)

  • 6 buah pisang ambon
  • 1 bungkus biskuit Marie Regal
  • 2 sdm unsalted butter
  • 250 ml whipping cream (bisa diganti dengan 1 blok cream cheese)
  • 5 sdm krimer kental manis
  • 1 sdm gula halus

Cara membuat:

  1. Hancurkan biskuit Marie Regal dengan testur sesuai selera, bisa halus atau agak kasar                         
  2. Campurkan dengan butter yang telah dilelehkan. Aduk rata
  3. Potong buah pisang dan tambahkan krimer kental manis, hancurkan sampai halus                                     
  4. Kocok whipping cream dengan mixer yang telah ditambah gula halus dengan kecepatan sedang selama 10 menit sampai teksturnya agak mengental (Bisa juga diganti dengan cream cheese dan ditambahkan sea salt)                                               
  5. Pada jar/toples kecil, letakkan biskuit yang telah dihancurkan pada lapisan pertama
  6. Lalu tumpuk dengan adonan pisang, lalu tumpuk lagi dengan whipping cream
  7. Taburkan biskuit atau cokelat bubuk di bagian atas
  8. Tutup dan simpan dalam kulkas.

Membuat Karamel dari Susu Kental Manis untuk Banoffee Pie

Sebenarnya lebih enak lagi jika menggunakan karamel dari susu kental manis agar rasa dan tektsurnya makin wow! Nah kalau liat di berbagai website, bikin karamel atau dulce de leche dari susu kental manis ya gampang-gampang susah. Pertama, kalian harus memilih susu kental manis yang kalengnya tertutup rapat atau tidak ada bagian pembuka seperti minuman kaleng/kornet.

Setelah itu, isi air di dalam panci besar. Lalu letakkan kaleng hingga menutupi seluruh permukaan kaleng. Didihkan air dan pantau terus kaleng sewaktu-waktu bisa terbakar. Merebusnya tidak perlu ditutup ya. Setelah direbus selama 2 jam, angkat dan biarkan di suhu ruangan selama 3 jam. Baru deh kalengnya bisa dibuka. Sebenernya memang membutuhkan waktu lama untuk bikin karamel yang enak ini. Cuma kalau mau praktis pakai krimer kental manis bagi saya juga sudah enak, hihi. Selamat mencoba!

Leave a Reply