Cara Mudah Bikin Spaghetti Carbonara yang Creamy

Beberapa hari lalu saya berhasil buat creamy pasta alias spaghetti carbonara yang enak banget. Nggak kalah sama yang disajikan di restoran besar. Selain aglio olio dan spaghetti dengan saus bolognese yang rasanya gurih, saya juga suka spaghetti carbonara karena rasanya creamy (terus minumnya iced mint tea deh, sedap!).  Sejatinya, saus carbonara berbahan dasar telur dan keju, tapi banyak juga yang pakai krim.

Carbonara yang benar-benar otentik menggunakan keju pecorino atau keju yang terbuat dari susu domba. Namun tenang, banyak cara membuat carbonara yang enak dengan praktis kok.  Membuat saus carbonara yang teksturnya pas, antara nggak terlalu kental dan cair itu agak tricky. Biasanya saya menggunakan susu cair, cooking cream, dan keju untuk membuat saus spaghetti carbonara. Kadang waktu masak jadi lebih lama karena bolak-balik nambah cooking cream, keju, dan susu biar rasa dan teksturnya pas.

Nah berikut cara membuat spaghetti carbonara yang praktis, dicoba yuk!

Bahan-bahan (*untuk 1 porsi)

  • segenggam sphagetti
  • 1 siung bawang putih
  • 1/4 bawang bombay
  • 1 sdt salted butter
  • 2 sdm FiberCreme
  • 3 sdm keju parut
  • 50 ml air matang
  • 1 buah fillet salmon (bisa diganti daging asap)
  • garam
  • lada
  • olive oil

Cara membuat

  1. Pisahkan kulit salmon dari dagingnya. Bumbu daging salmon dengan garam dan lada dan diamkan minimal 30 menit.
  2. Panggang salmon (detailnya bisa lihat di sini). Lalu angkat dan potong kecil-kecil. Jika pakai daging asap, potong berbentuk kotak kecil.
  3. Untuk kulitnya: Panaskan teflon dengan olive oil. Letakkan kulit di teflon dengan ditekan spatula (api kecil saja) sampai warnanya berubah cokelat dan teksturnya crispy. Angkat dan tiriskan.
  4. Rebus spaghetti dengan garam dan olive oil sampai al dente. Angkat dan tiriskan
  5. Tumis bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicacah dengan butter. Biarkan sampai harum
  6. Masukkan FiberCreme dan tambahkan air. Aduk hingga tercampur rata
  7. Masukkan spaghetti dan bumbui dengan lada serta garam. Aduk rata
  8. Campurkan keju parut dan aduk rata hingga teksturnya mulai mengental
  9. Masukkan salmon dan aduk rata kembali. Angkat dan sajikan.

Tips Praktis Bikin Saus Carbonara yang Creamy Tanpa Susu atau Cooking Cream

Sebelum berlanjut, mau ngasih tau aja saya bukan buzzer karena akan mengenalkan satu produk kunci untuk bikin spaghetti carbonara yang enak. FiberCreme jadi rekomendasi tepat buat kalian yang suka bikin makanan creamy dan bersantan karena rasanya memang enak banget (terbukti!) dan sehat! FiberCreme merupakan krimer yang bisa menambahkan rasa gurih pada makanan. Soal kandungannya, FiberCreme punya kandungan oligosakarida. Gunanya adalah sebagai fiber dan minyak sehat yang enak.

Sebenarnya saya tahu FiberCreme dari para kreator resep yang saya ikuti di Instagram. FiberCreme punya kampanye #GoodbyeSantan karena santan kan sering dibilang lemak jahat. Jadi FiberCreme hadir mengganti santan karena bebas laktosa dan gluten, rendah gula, serta kaya serat. Wah besok-besok mau coba bikin sambal goreng krecek pakai FiberCreme ah! Nah, tapi coba bikin creamy pasta yang super enak ini dulu yuk. Sama enaknya kayak yang ada di restoran.

Sebenarnya membuat saus carbonara yang merupakan saus ala Italia ini menggunakan telur dan keju serta tambahan krim (sesuai selera). Selain spaghetti, kalian juga bisa menggunakan pasta lainnya seperti fettucini ataupun makaroni. Sama-sama enak, tergantung kalian suka tekstur yang mana.  Selamat mencoba!

Leave a Reply