Bikin Cinnamon Rolls yang Empuk dan Lembut

Saya percaya atau semacam punya pemikiran bahwa orang Indonesia itu memang ditakdirkan menyukai rasa rempah-rempah. Gimana nggak, kita juga hidup di negara yang kaya akan berbagai macam rempah-rempah. Makanya kalau pesan makanan di restoran atau jajan via GO-FOOD saya pasti milih makanan yang kaya rempah atau minimal ada side dish yang bikin rasa makin enak.

Misalnya GO-FOOD nasi goreng rempah, mi Aceh, dan lain-lain. Kalau pesan sushi ya wajib banget dimakan sama acar jahe. Kalau terpaksa jajan kopi di Starbucks, harus naburin cinnamon powder yang lumayan banyak di foam-nya. Bahkan kalau bikin es teh harus geprek sereh atau masukin kayu manis di rebusan airnya, eh nggak lupa sekalian cemplungin daun mint. Pokoknya harus ada rasa rempah yang kuat!

Kesukaan saya tersebut mengantarkan saya memfavoritkan cinnamon rolls. Roti yang penuh dengan bubuk kayu manis ini memang nagih banget. Maka akhir pekan kemarin saya bikin cinnamon rolls, yuk lihat resep cinnamon rolls.

Bahan-bahan:

  • 4 cup tepung terigu
  • 1 susu putih Ultra Milk ukuran 250 ml
  • 1/2 mentega
  • 1/2 cup gula putih halus
  • 1 bungkus ragi instan (Fermipan)
  • 1 sdt baking soda
  • bubuk kayu manis
  • brown sugar

Cara membuat:

  1. Panaskan susu cair putih, namun jangan sampai mendidih. Pastikan sampai hangat saja.
  2. Tuangkan ke wadah, campur dengan mentega yang telah dilelehkan dan gula putih halus. Aduk dengan spatula sampai tercampur rata
  3. Tuangkan ragi instan dan diamkan selama 1 menit. Kemudian aduk rata
  4. Campurkan tepung terigu. Aduk dengan tangan sampai rata dan uleni
  5. Tutup adonan dengan kain basah dan diamkan selama 1 jam hingga mengembang
  6. Setelah didiamkan, campurkan baking soda dan aduk sampai rata. Misal adonan masih agak basah dan lengket. Tambahkan tepung terigu sampai terasa pas dan bisa dibentuk maupun digulung. Diamkan selama 15 menit dengan ditutup kembali
  7. Letakkan adonan di meja. Lalu gilas dan ratakan berbentuk persegi panjang.
  8. Oleskan mentega ke seluruh permukaan lalu taburkan brown sugar dan bubuk kayu manis hingga menutupi adonan.
  9. Gulung dan potong adonan. Letakkan di loyang yang telah dioles mentega dan ditaburi tepung terigu. Panggang selama 40 menit.

Sebenarnya makan cinnamon rolls tambah enak misal ditambah glaze icing. Cuma kemarin memang nggak stock cream cheese, jadi makan begini aja deh. Kalau mau pake glaze icing, bisa campur cream cheese, gula putih halus, mentega, dan ekstrak vanila dan diaduk sampai mengental. Sebenarnya juga bisa dibikin tanpa cream cheese, cuma ya kurang gres aja.

Catatan:

* Saya menggunakan oven kompor

*Silakan menambahkan takaran bahan-bahan karena ingin lebih kaya rasa atau adonan belum terbentuk dengan sempurna

 

Leave a Reply