Memanfaatkan Roti Tawar yang Hampir Kadaluarsa

Siapa yang sering lupa kalo masih menyimpan roti tawar di balik tudung saji atau kulkas? SAYA! Semoga yang kebiasaan lupa kayak gini cuma segelintir orang aja. Biasanya kalau tiba-tiba ingat atau melihat masih punya satu bungkus roti utuh atau sudah tinggal beberapa, saya manfaatkan untuk diolah menjadi kue atau hidangan lainnya. Soalnya kalau mau dimakan pakai selai/meses nggak mungkin sehari langsung habis juga.

Sebenarnya sih saya tipe orang yang kalau rotinya belum jamuran ya tetep dimakan walaupun udah melewati batas 1-3 hari dari tanggal kadaluarsa. Mungkin ini menjadi pemikiran banyak ibu di luar sana karena saya juga dinasihati ibu begitu. Selama belum ada jamur, makan lah daripada mubazir (please lebih baik jangan ditiru ya!)

Biasanya saya memanfaatkan roti tawar yang hampir atau malah sudah kadaluarsa dengan membuatnya menjadi puding roti. Entah kenapa kalau sudah diolah apalagi sudah dipanggang/dikukus membatin “nggak akan keracunan atau sakit kok” (please sekali lagi saya sarankan janagn ditiru, boleh ditiru kalau kepepet aja ya). Kali ini saya mencoba eksperimen resep puding roti yang berbeda karena biasanya pakai kismis. Yuk, coba resep puding roti strawberry dan almond!

Bahan-bahan: 

  • 4 lembar roti tawar
  • 4 buah strawberry
  • 2 sdm kacang almond
  • 2 butir telur
  • 150 ml susu putih cair
  • 4 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Campurkan telur dan gula pasir. Aduk dengan balloon whisk sampai tercampur rata
  2. Masukkan susu putih cair dan aduk kembali sampai tercampur dengan sempurna
  3. Potong roti sesuai selera dan disusun pada loyang
  4. Tuangkan campuran telur dan susu. Tekan roti hingga tenggelam
  5. Taburkan potongan strawberry dan kacang almond di atasnya dan tekan kembali sampai tenggelam
  6. Panggang selama 40 menit. Angkat dan sajikan.

Agar roti tetap awet dan tidak berjamur, simpanlah di kulkas karena jika berada di suhu ruangan selama 2 hari akan membuat roti keras hingga berjamur. Pastikan juga menyimpannya dengan sempurna. Pada bungkus roti tawar pasti ada pengaitnya yang membuat roti terhindar dari udara luar. Jangan sampai hilang atau rusak ya! Pastikan juga tidak ada udara yang masuk.

Saya juga mau mengutip penelitian Marianne Gravely dari United States Department of Agriculture  yang menyatakan bahwa roti adalah satu-satunya makanan kalau sudah timbul jamur di beberapa bagian, masih bisa mengonsumsi bagian yang belum dihinggapi jamur. Jadi kalian bisa membuang bagian roti yang sudah terkena jamur, tetapi mengonsumsi bagian yang masih baik. Ini buat sharing aja lho ya kalau hal ini sudah ada penelitiannya karena saya tipe orang yang kalau sudah liat ada jamur langsung dibuang aja, hehe.

Catatan:

* Saya menggunakan oven kompor

*Silakan menambahkan takaran bahan-bahan karena ingin lebih kaya rasa atau adonan belum terbentuk dengan sempurna

1 comment / Add your comment below

  1. Ternyata ngga susah ya bikin puding roti. Aku biasanya simpan roti tawar di kulkas supaya lebih tahan lama. Roti tawar sebungkus isi 8-10 potong buat dimakan sendiri, masanya cuma 3 hari, ya kalau bisa sampai 4-5 hari dengan simpan di kulkas, hehehe.

Leave a Reply