Resep Creamy Potato Gratin yang Praktis dan Lezat

Kalau ditanya makanan favorit saya apa, saya bakal menjawab olahan kentang apapun itu. Mulai digoreng menjadi french fries atau potato wedges, dihaluskan menjadi mashed potato, hingga lasagna dengan bahan dasar kentang. Teksturnya yang halus dan creamy jika dicampur susu, krim, atau keju membuat saya tergila-gila dengan kentang. Bahkan kalau bawa bekal pun, pasti dalam seminggu 2x membawa olahan kentang (maklum anaknya bosenan sama nasi).

Desember kemarin, saya dan teman-teman geng traveling bikin acara tukar kado untuk merayakan hari ulang tahun masing-masing di Hello Sunday, Cikini. Kali itu saya memesan menu Fish O Cheese yang merupakan ikan dori goreng dengan topping saus keju. Sebagai pendampingnya, diberikan dauphinois potato yang mirip potato gratin. Wah, ini sih harus dicoba sendiri di rumah. Berbekal kesotoyan, kali ini langsung coba tanpa googling resep, cuma inget-inget itu tekstur dan rasanya gimana.

Yuk, cek resep potato gratin creamy di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 6 buah kentang
  • 100 ml susu cair Ultra Milk plain
  • 1/2 blok keju Kraft Quick Melt
  • 6 sdm saus bolognese La Fonte
  • Olive oil
  • Garam
  • Lada

Cara membuat:

  1. Kupas kentang dan cuci bersih, rebus selama 15 menit agar masih bisa dipotong tipis-tipis
  2. Angkat dan tiriskan. Diamkan selama 10 menit, taburkan lada dan garam secukupnya. Aduk rata dan diamkan selama 10 menit agar meresap
  3. Potong kentang berbentuk bulat tipis seperti keripik kentang
  4. Siapkan loyang (saya pakai loyang bulat diameter 15cm). Olesi sluruh permukaan loyang dengan olive oil (bisa diganti minyak goreng/margarin)
  5. Tempelkan kentang di badan loyang sampai tertutup penuh. Taburkan 1/4 keju parut
  6. Tuangkan saus bolognese lalu ratakan
  7. Timpa lagi dengan kentang sehingga seluruh permukaan tertutupi. Tuang susu secara merata
  8. Taburi keju parut hingga menutupi kentang. Panggang selama 40 menit atau sampai permukaannya kecokelatan.

Kalau punya stock daun rosemary dan basil, keringan juga bisa, tambahkan saat membumbui kentang dengan lada dan garam agar rasanya tambah sedap. Kalau ada stock cooking cream juga bisa menggantikan susu cair agar teksturnya lebih creamy.

Potato gratin merupakan hidangan khas Italia yang bahannya sederhana. Bahannya cuma kentang, keju, dan krim. Namun di resep kali ini saya menambahkan saus bolognese biar makin kaya rasa. Nama hidangan ini diambil dari kata gratin yang memiliki arti teknik memasak yang dipanggang sampai kecokelatan. Warnanya bisa menjadi cokelat cantik karena ditaburi keju/tepung roti di atasnya.

Catatan:

* Saya menggunakan oven kompor. Jadi waktu memasak harap disesuaikan dengan jenis oven.

*Silakan menambahkan takaran bahan-bahan karena ingin lebih kaya rasa atau adonan belum terbentuk dengan sempurna.

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply