Pan Fried Salmon with Lemon Butter Sauce

Masih dalam rangka belanja daging plus ikan dari Mba Nika Kusuma, saya kemarin juga mencoba beli salmon yang harganya cukup murah. Porsinya pun banyak, jadi bisa dibikin beberapa menu hehe. Ini pertama kalinya saya mengolah salmon sendiri. Sebelumnya ya cuma makan di restoran sushi atau restoran lainnya.

Saya adalah penyuka sashimi, apalagi salmon. Dagingnya itu lumer banget di mulut, bikin ketagihan. Apalagi dicampur soya dan bubuk cabai, nyam! Selain itu, saya juga suka pesan pan fried salmon di beberapa restoran. Favorit saya adalah Pan Seared Salmon milik Lucky Cat Coffee, Kuningan. Cuma dibumbui garam dan lada aja udah enak, tapi tambah enak karena side dish-nya berupa creamy spinach dan baby potato.

Untuk menu pertama olahan salmon yang saya buat agak meniru menu dari Lucky Cat Coffee. Salmonnya dipanggang di wajan, tapi saya tambahkan saus yang spesial. Simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan

  • 1 potong salmon
  • 1/2 buah lemon
  • 2 sdm salted butter
  • garam
  • lada
  • rosemary
  • olive oil

Cara membuat:

  1. Bumbui salmon dengan garam dan lada dengan menaburkan ke semua bagian lalu pijat-pijat. Diamkan selama 5 menit
  2. Panaskan 1 sdm salted butter pada teflon, masukkan salmon dan rosemary lalu kucuri dengan perasan lemon.
  3. Panggang setiap sisinya sampai warnanya berubah keemasan. Atur api kompor kecil- sedang, jangan terlalu besar.
  4. Angkat dan tiriskan salmonnya saja
  5. Tambahkan 1 sdm salted butter pada sisa saus. Masak dengan api kecil hingga meleleh, tambahi sedikit perasan lemon yang tersisa
  6. Tuangkan  saus di atas salmon dan sajikan.

Mengolah salmon jadi menu pan fried salmon memang agak tricky. Soalnya kalau nggak dipantengin dengan pasti soal lama memasak dan api kompor bisa gosong. Bahayanya, daging salmon yang gosong bisa menimbulkan senyawa karsinogen. Hal kedua yang harus diperhatikan adalah memangganglah dengan wajan anti lengket agar daging nggak menempel dan tetap cantik penampilannya. Setelahnya, lumuri seluruh permukaan wajan dan salmon dengan olive oil atau butter.

Susahnya memanggang salmon saya alami ketika percobaan pertama. Biar bagian dalamnya matang secara pas, permukaannya harus gosong dulu. Di percobaan kedua ini saya akali dengan lebih lama mengeluarkan salmon dari freezer, sekitar 1 jam. Jadi dagingnya lentur dulu dan siap dimasak. Selama didiamkan 1 jam juga bisa dimanfaatkan untuk membumbui salmon dengan garam dan lada.

Salmon menjadi ikan yang banyak diburu orang karena kandungannya menyehatkan. Pasalnya salmon mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Artinya lebih rendah kalori dan lemak dibandingkan ikan laut lainnya, makanya cocok dikonsumsi untuk para pengidap sakit jantung hingga anak dalam usia pertumbuhan serta ibu menyusui.

 

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply