Orange Chicken, Ayam dengan Saus Jeruk yang Nagih

Pernah mendengar menu orange chicken atau ayam saus jeruk? Jujur saya baru tau menu ini pas ngeliat post Tasty di Instagram. Mereka membuat satu video resep orange chicken ala Panda Express. Saat nonton videonya, saya membatin: kok kayaknya enak ya. Langsung lah googling apa sih Panda Express ini? Ternyata Panda Express adalah restoran yang punya banyak cabang di Amerika. Bahkan dijuluki the largest Asian segment restaurant in US!

Panda Express punya menu andalan yang sering dipesan orang-orang Amerika, yaitu orange chicken. Sajian ini merupakan ayam goreng tepung yang dipotong kecil-kecil lalu dikasih saus jeruk. Ya mirip ayam saus telur asin ala Eatlah, bedanya pakai saus jeruk. Ada nggak ya kedai makanan yang punya menu andalan orange chicken di sini? Setelah nonton resepnya, langsung kepikiran bikin ini untuk #BekalMaksi. Tentunya dimodifikasi pakai bahan-bahan yang gampang didapat dong. Yuk, simak resep orange chicken berikut ini.

Bahan-bahan (*  untuk 2 porsi)

  • 1 buah dada ayam tanpa tulang
  • 1 buah telur ayam
  • 4 sdm tepung bumbu ayam crispy
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdm minyak goreng
  • air dingin

Saus jeruk

  • 1 siung bawang putih
  • 4 sdm minuman rasa jeruk (Minute Maid Pulpy Orange)
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm olive oil
  • 1 sdm chilli flakes
  • 2 sdm soy sauce

Cara membuat:

  1. Cuci bersih dada ayam, kemudian potong berbentuk dadu
  2. Dalam mangkuk, campurkan tepung bumbu ayam crispy, telur, air dingin, dan tepung maizena. Aduk rata.
  3. Masukkan ayam dan tuangkan minyak goreng. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit
  4. Goreng sampai warnanya cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan
  5. Untuk sausnya, panaskan olive oil di wajan/teflon. Masukkan chilli flakes dan bawang putih yang telah dicacah. Tumis sampai harum
  6. Tambahkan gula pasir dan aduk rata sampai gulanya meleleh
  7. Tambahkan minuman rasa jeruk dan soy sauce. Aduk rata
  8. Masukkan ayam goreng dan aduk hingga merata. Siap disajikan dengan saus salsa.

Setelah selesai masak, saya langsung nyicip dan… bisa dikatakan ini adalah salah satu olahan ayam enak yang akan sering saya masak (setelah ayam rica-rica). Rasanya manis dan ada hint buah jeruk yang unik. Biar rasanya nggak terlalu manis saya berikan saus salsa, sekalian memanfaatkan paprika hijau, tomat, dan nanas di kulkas. Setelahnya dicampur air perasan lemon. Yum! Lebih enak lagi makannya pakai nasi dari beras Jepang atau beras sushi.

Cara Membuat Ayam Goreng Crispy yang Renyah

Waktu saya mulai suka masak, ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh teman saya. Pertanyaannya adalah gimana sih cara bikin ayam goreng crispy kayak KFC? Jadi kulitnya renyah dan bergelombang gitu. Meskipun sudah pakai tepung bumbu ayam crispy, masih bisa kurang berhasil lho. Nah kuncinya ada di proses melumuri ayam dengan tepung serta saat menggorengnya.

Berdasarkan baca tips di beberapa website dan pengalaman sendiri, selain mengandalkan tepung bumbu ayam goreng crispy juga harus ada bahan lainnya yang dicampur ke adonan tepung. Campurlah tepung dengan air dingin, telur, dan tepung maizena. Lebih baik lagi jika ada baking powder. Setelah itu masukkan ayam ke dalam adonan tepung basah dan tutup dengan plastik atau piring. Lalu diamkan selama setengah jam di kulkas.

Eits, jangan langsung dicemplungin ke minyak goreng ya. Lapisi juga dengan tepung bumbu ayam goreng crispy kering. Lalu dipijat-pijat baru digoreng. Menggorengnya pun harus dengan minyak goreng yang banyak hingga terendam. Saat pertama dimasukkan, pastikan apinya besar dan minyak sudah panas. Setelah itu kecilkan api agar tepungnya tidak gosong. Kemudian besarkan api lagi, angkat deh kalau sudah cokelat keemasan. Dijamin ayam goreng crispy kayak di restoran bisa kalian ciptakan sendiri. Selamat mencoba! Oh ya, kalau kalia mau lihat video resep Orange Chicken dari Tasty bisa klik di sini.

4 comments / Add your comment below

  1. saya langsung nyicip dan… bisa dikatakan ini adalah salah satu olahan ayam enak yang akan sering saya masak –>> wuaaaa pengen nyoba juga jadinya, makasih ya mba udah share resep ini

Leave a Reply