No Bake Choco Peanut Butter Granola Bites

Bagi kalian yang mengikuti pola hidup sehat dan suka ngemil, pasti nggak asing lagi dengan granola. Pasalnya, granola sekarang sudah mulai menjamur dijual di beberapa supermarket hingga minimarket. Sebenarnya, apa itu granola? Granola adalah biji oat yang telah dikeringkan lalu dipanggang hingga teksturnya crunchy. Agar makin lezat, biasanya granola ditambahkan kacang-kacangan, biji-bijian, hingga buah-buahan kering. Walaupun sama-sama terbuat dari gandum, beda lho dengan oatmeal.

Saya tertarik bikin granola sendiri, menyesuaikan rasa yang saya suka. Tiba-tiba terpikir kenapa nggak menggabungkan rasa kacang dan cokelat dalam satu granola? Karena saya suka banget sama selai Skippy rasa cokelat, akhirnya bereksperimen untuk bikin granola yang praktis alias tanpa dipanggang. Berikut resep no bake granola bites dengan Skippy Peanut Butter Chocolate Stripe .

Bahan-bahan

  • 1/2 cup Skippy Peanut Butter Chocolate Stripe
  • 1 cup rolled oats
  • 1/4 cup light brown sugar
  • 2/3 cup madu
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 1/2 cup cocoa nibs (bisa diganti pakai choco chip)
  • 1/2 cup rice krispies
  • 1 cup kacang almond
  • 1 cup walnut

Cara membuat

  1. Campurkan Skippy Peanut Butter Chocolate Stripe, madu, brown sugar, dan ekstrak vanila pada mangkuk. Aduk rata                                                                                                             
  2. Sangrai rolled oats, almond, dan walnut sampai warnanya kecokelatan. Angkat dan letakkan pada wadah 
  3. Masukkan campuran selai kacang ke wadah yang berisi rolled oats, almond, dan walnut.
  4. Tambahkan cocoa nibs dan rice krispies lalu aduk rata                                                                        
  5. Siapkan cetakan es batu dan tuang campuran granola ke cetakan
  6. Ratakan dan tekan menggunakan sendok sampai padat
  7. Diamkan di kulkas selama semalaman
  8. Esok harinya bisa dilepaskan dari cetakan dan siap dinikmati

Nikmatnya Skippy Peanut Butter Stripe Chocolate

Siapa yang nggak suka selai kacang? Jujur, waktu kecil saya paling anti sama yang namanya selai kacang karena terasa aneh di mulut. Namun setelah mau nggak mau mencoba selai kacang lagi pas jaman SMA, saya malah sempat menggilainya. Dalam satu bulan, maunya makan roti tawar pakai selai kacang terus. Aneh ya? Kemudian saya mikir, mungkin pas saya nyoba selai kacang pertama kalinya kurang beruntung karena mendapatkan rasa dan tektsur selai kacang yang nggak pas. Jadi memori sama selai kacang nggak bagus.

Bagi saya sebuah selai penting banget punya tekstur yang pas, yakni halus dan creamy. Kalau nggak creamy rasanya justru bikin eneg. Makanya ketika mencoba SKIPPY Peanut Butter malah jadi ketagihan. Apalagi ada rasa cokelat yang tersedia pada SKIPPY Peanut Butter Chocolate Stripe. Tambah enak dan bikin ketagihan karena saya pencinta cokelat garis keras.

Selain itu, hal lain yang bikin saya makin cinta sama selai SKIPPY adalah mereka punya varian SKIPPY Peanut Butter Creamy. Selai kacang ini bisa dibilang holy grail bagi para pencinta masak-masak. Teksturnya yang lebih creamy, maka cocok digunakan untuk bahan-bahan membuat aneka masakan.

Nggak cuma kue aja lho, tapi bisa dibikin menu asin atau savory. Kalau kalian khawatir akan rasa dan teksturnya, SKIPPY Peanut Butter Creamy menawarkan rasa selai kacang yang klasik, jadi akan terasa gurih saja. Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat bisa kalian modifikasi dengan menambahkan cabai giling, kecap, garam, dan gula. Bisa lho dibuat saus kacang untuk bikin cilok (Baca resep cilok di sini).

SKIPPY Peanut Butter dibuat dengan kacang tanah yang berkualitas. Manfaatnya pun banyak. Kacang tanah kaya akan lemak tak jenuh (lemak baik) dan protein. Makanya selai kacang cocok banget dijadikan menu sarapan karena akan membuat lambung kenyang. Jadi rasa lapar akan tertunda, pas banget buat kalian yang sedang diet. Ada baiknya mengonsumsi 2 sendok makan selai kacang setiap pagi bagi kalian yang sedang diet.

Kacang tanah juga mengandung beta sitosterol yang berguna menormalkan kadar kortisol tinggi. Jadi zat tersebut akan dibawa dengan hormon lain selama stres terjadi. Makanya kacang sering diyakini bisa melawan atau mengurangi rasa stres. Bahkan beta sitosterol juga berfungsi untuk membantu meningkatkan kekebalan imun tubuh.

SKIPPY Peanut Butter juga punya banyak varian selai kacang lainnya. Bahkan ada rasa strawberry dan grape. Misal kalian ingin tahu varian apa saja yang dihadirkan SKIPPY atau ingin mengetahui resep olahan selai kacang yang unik dan nikmat, kunjungi situs SKIPPY, Instagram, Facebook, serta Twitter SKIPPY.

*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

4 comments / Add your comment below

Leave a Reply