Sedapnya Makan Siang Nasi Tutug Oncom

Happy weekend, everyone! Kira-kira menjelang akhir pekan, pemikiran kalian sama nggak ya kayak saya? Soalnya kalau sudah hari Jumat saya mikirnya pasti besok sarapan apa, makan siang apa, bikin camilan apa, atau kalau lagi mager ya jajan apa. Otak ini emang nggak bisa lepas dari yang namanya makanan enak. Nah weekend kemarin saya kepikiran untuk masakin orang serumah, tapi pakai bahan yang gampang alias selalau dibawa mbok sayur dekat rumah.

Setelah menimbang-nimbang bikin menu apa dan tentunya browsing di internet, akhirnya saya memutuskan untuk bikin menu khas Sunda khususnya Tasikmalaya, yaituΒ  nasi tutug oncom. Kalau diingat-ingat, saya pernah makan nasi tutug oncom bisa dihitung jari. Itu pun makannya pas lagi ke Bandung. Sebenarnya udah agak lupa sih rasanya bagaimana. Maklum, biasanya kalau bikin oncom ya ditumis pakai kemangi atau leunca. Langsung aja yuk simak resepnya.

Bahan-bahan:

  • Nasi putih
  • 1 kotak oncom
  • 5 cabai merah keriting
  • 3 cabai rawit oranye
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • terasi yang sudah dibakar
  • kencur
  • garam
  • gula jawa

Cara membuat:

  1. Hancurkan oncom dan remas hingga berbentuk butiran. Bakar/panaskan pada panci tanpa minyak hingga kecolekatan
  2. Bakar/panaskan pada panci tanpa minyak bumbu-bumbu: bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit
  3. Haluskan bumbu-bumbu dengan diuleg bersama terasi dan kencur. Ketika sudah agak halus, masukkan garam dan gula dan uleg kembali
  4. Panaskan wajan dan campurkan oncom dengan bumbu yang sudah diuleg. Aduk sampai tercampur rata dan berubah warna
  5. Masukkan nasi dan aduk sampai tercampur rata
  6. Sajikan dengan ayam, tempe, dan tahu goreng beserta sambal tomat terasi dan lalapan.

Mungkin bagi beberapa orang jarang mengolah oncom karena bingung bagaimana mengolahnya. Saya sendiri termasuk orang yang suka dengan oncom. Biasanya digoreng pakai tepung, dipotong memanjang dan ditumis dengan daun kemangi, atau dihancurkan dan ditumis dengan leunca.

Sebaiknya jika kalian ingin membuat menu berbahan oncom, setelah membelinya langsung diolah. Nah sebelum mengolah ada baiknya kalian membakar atau memanaskannya di panci tanpa minyak. Ini dilakukan agar rasa dan aromanya akin keluar dan kandungan air di dalamnya bisa berkurang.

Jika kalian ingin mengolah keesokan harinya, lepaskan dari bungkus kertas atau plastiknya. Lalu simpan di toples tertutup dan masukkan ke dalam kulkas. Melihat kualitasnya yang masih bagus atau nggak bisa diukur dari banyaknya jamur di permukaan oncom. Jika masih banyak jamur, tandanya masih segar.

Leave a Reply