Nasi Kepal Gurih-Ya & Ayam Teriyaki Warna-Warni

Percaya atau nggak, resep nasi kepal kali ini terinspirasi dari menu makan siang seorang balita! Saya percaya bahwa media sosial itu merupakan ajang mencari inspirasi dan berbagi hal yang bermanfaat. Kalau banyak orang di luar sana marah-marah soal penggunaan media sosial yang menyeleweng, saya sih yaudah aja membatin dalam hati dan berusaha ambil konten yang bermanfaat aja. Salah satunya adalah ngikutin akun yang sering berbagi hal positif.

Nah ngomong-ngomong nasi kepal, saya lagi ngefans banget sama Nyala, anak dari Mbak Ai Kelincitertidur. Gemesin dan menu makanannya menggoda. Mbak Ai selalu ngasih tau menu makan Nyala yang diperuntukkan untuk balita di luar sana juga. Soalnya dibuat dari bahan yang aman, prosesnya pun terjamin.

Salah satu menu yang membuat saya tergoda adalah nasi kepal. Langsung deh mikir kayaknya enak kalau #BekalMaksi nasi kepal soalnya gurih dan pasti bikin lahap. Tadinya mau bikin lauk steak tuna, cuma lagi nggak ada stok di mbok sayur. Akhirnya bikin ayam teriyaki (bisa pakai orange chicken juga lho) aja karena masih ada stok paprika di kulkas. Berikut resep nasi kepal dan ayam teriyaki warna-warni.

Bahan-bahan (* untuk 2 porsi)

  • 2 piring nasi (lebih baik menggunakan beras Jepang)
  • minyak wijen
  • Gurih-Ya
  • biji wijen

Ayam teriyaki

  • 1 fillet dada ayam
  • 1 bungkus kecil tepung bumbu ayam crispy (di-skip nggak apa-apa kalau mau ayam saja)
  • 1 sdm tepung maizena
  • air dingin
  • 1/2 paprika merah
  • 1/2 paprika hijau
  • 1/4 bawang bombay
  • 1 sdm saus teriyaki
  • 1 sdm kecap manis
  • air matang
  • olive oil

Cara membuat

  1. Untuk ayam teriyaki: cuci bersih daging ayam dan potong berbentuk dadu. Lalu buat adonan tepung basah dengan mencampurkan tepung bumbu, tepung maizena, dan air dingin sampai teksturnya agak kental. Masukkan potongan ayam, aduk, dan diamkan selama 15 menit.
  2. Siapkan tepung bumbu kering pada piring. Lumuri ayam yang telah dibumbui adonan basah ke tepung bumbu kering, lalu pijat-pijat, dan goreng sampai warnanya cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan
  3. Iris memanjang bawang bombay dan paprika. Tumis bawang bombay dengan olive oil sampai harum. Masukkan paprika dan 100 ml air matang. Tambahkan saus teriyaki dan kecap manis, lalu aduk rata dan biarkan sampai mendidih dan mulai asat.
  4. Jika sudah mulai asat dan teksturnya sudah mengental, matikan api. Masukkan ayam goreng ke saus dan aduk rata.
  5. Untuk nasi kepal: Gunakan sarung tangan plastik yang telah dilumuri minyak wijen. Bentuk nasi bulat-bulat lalu lumuri ke Gurih-Ya. Setelahnya, taburkan dengan biji wijen.

Bumbu Tabur Bikin Nasi Kepal dan #BekalMaksi Makin Nikmat

Bumbu tabur bisa dikatakan adalah sahabat saya karena apapun makanannya kayak ada yang kurang kalau nggak ada gurihnya. Sebenernya bumbu tabur memang identik dengan micin dan pasti ibu saya bawel kalau udah makan yang aneh-aneh. Meskipun ada penelitian bahwa makan micin nggak apa-apa asal ada batasan, tetap aja pengen makannya nggak neko-neko biar aman.

Di zaman yang makin canggih ini, berbagai makanan bisa dibikin sehat dan aman dikonsumsi. Terima kasih teknologi dan internet yang sudah mengenalkan saya dengan bumbu tabur sehat, seperti Sunkrisps Gomashio Kale Flakes dan Gurih-Ya. Di resep nasi kepal ini saya pakai Gurih-Ya karena stoknya memang masih ada di rumah.

Gurih-Ya menghadirkan abon dan bumbu tabur yang rasanya gurih, tapi tanpa MSG. Bahkan tanpa pengawet, perasa, dan pewarna buatan juga lho. Rasanya beneran gurih dan ada hint asin, jadi nggak hambar. Gurih-Ya ini sebenarnya abon berbahan dasar rumput laut yang dicampur wijen. Untuk yang suka pedas, tersedia rasa Spicy Seaweed Nori. Harganya pun terjangkau. Untuk kemasan 45 gram dihargai Rp 29 ribu. Sementara untuk kemasan sachet, satu box-nya dihargai Rp 39 ribu.

Bumbu tabur yang kadar garamnya rendah ini cocok ditaburkan di makanan apa saja. Saya sih seringnya ditaburin di nasi dan mi goreng (favorit banget mi wortel tek-tek dicampur bumbu tabur). Nah buat dibentuk masi kepal juga nikmat banget. Pokoknya berkat bumbu tabur sehat ini makanan jadi lebih enak!

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply