Nasi Goreng Kembang Kol & Terong Saus Teriyaki

Kalian pernah denger nggak kalau kembang kol bisa menjadi pengganti nasi pada nasi goreng? Sebenarnya saya udah pernah liat resep nasi goreng kembang kol atau cauliflower rice di beberapa website resep-resep dari luar negeri. Namun beberapa hari lalu saya liat post Instagram This Temporary yang memberi tahu langkah membuat nasi goreng kembang kol. Sebagai pencinta kembang kol, saya langsung tergerak membuat resep mahakarya ini (lebay).

Sambil googling-googling enaknya ditambah apa lagi, saya akhirnya menambahkan edamame dan terong saus teriyaki yang keliatannya nyambung dengan sajian nasi goreng kembang kol. Setelah bikin terong saus teriyaki ini, saya sebagai anak terong ketagihan dan punya resep favorit baru selain moussaka (yay!). Biar makin praktis dan rasanya makin enak, saya pun menambahkan bumbu nasi goreng instant biar cepat dan nggak ribet. Yuk, simak resep nasi goreng kembang kol dan terong saus teriyaki berikut ini.

Bahan-bahan (*untuk 1 porsi)

Nasi goreng kembang kol

  • 1 buah kembang kol (pilih yang kecil aja)
  • bumbu nasi goreng instant (saya pakai merek Lemonilo)
  • kacang edamame rebus
  • olive oil

Terong saus Teriyaki

  • 1 buah terong
  • 1 sdm saus teriyaki
  • olive oil
  • wijen

Cara membuat

  1. Cuci bersih kembang kol dan potong kecil-kecil. Parut kembang kol dengan parutan
  2. Letakkan pada kain, kemudian peras sampai keluar air atau kainnya basah
  3. Tuang ke piring kosong lalu diamkan selama 10 menit agar kering
  4. Panaskan wajan dengan olive oil, tumis kembang kol dengan api sedang selama 3 menitΒ 
  5. Masukan edamame yang telah direbus dan bumbu nasi goreng instant secukupnya. Aduk rata dan masak selama 2 menit
  6. Untuk terong saus teriyaki: Setelah dicuci bersih, potong terong berbentuk bundar pipih (sesuai selera aja sih sebenarnya)
  7. Panaskan wajan dengan olive oil. Tumis terong dengan api sedang sampai berubah warna
  8. Tuangkan saus teriyaki dan aduk rata. Masak sampai matang. Taburi wijen dan siap disajikan!

Tips Mengolah Kembang Kol dengan Baik

Kalau disuruh memilih antara kembang kol dan brokoli, jujur saya lebih suka kembang kol. Jadi bisa dibilang saya geng kembang kol! Nah selama ini selain dicapcay, saya suka banget bikin kembang kol goreng dan ternyata kembang kol yang digoreng itu nggak baik (hahaha mana ada sih yang digoreng itu baik?!). Mengolah kembang kol itu lebih baik dimasak dengan carai disangrai atau ditumis pada wajan seperti membuat nasi goreng kembang kol ini. Mengapa?

Dikutip dari Organic Garden, jika kembang kol diolah dengan cara dioven, dipanggang, direbus, dan digoreng, kandungan antioksidan dan nutrisinya akan cepat hilang. Kecuali dibuat sayuran berkuah, seperti sop. Jadi lebih baik disangrai atau ditumis saja. Namun dari beberapa website lainnya, sebenarnya aman saja diolah dengan teknik apapun, kuncinya jangan terlalu lama memasaknya. Ingat ya, ini hanya berlaku untuk kembang kol. Sebab, macam-macam sayuran berbeda jenisnya. Ada yang justru bagus dioven atau direbus.

Oh ya, kembang kol juga punya banyak manfaat lho. Dilansir dari Shape, kembang kol bisa mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan melindungi kesehatan tulang karena mengandung vitamin C, vitamin K, folat, kalium, hingga magnesium. Selain itu, serat pada kembang kol dipercaya bisa melancarkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Wah cocok nih buat yang sedang diet! Kira-kira bikin apa lagi ya dari kembang kol?

4 comments / Add your comment below

  1. Kalo saya tim brokoli! #ngajakperang Hahaha tapi emang sih, dibanding kembang kol lebih suka brokoli. Kayak lebih gampang diolah dan rasanya juga ga se-plain kembang kol gitu. Makanya pas liat resep cauliflower rice wara-wiri di instagram kekiniyen, mulai penasaran, karena kayaknya teksturnya memang cocok untuk dijadikan pengganti nasi. Tetapi setelah lihat resep ini….

    Saya malah ngiler sama terong saos teriyakinya. Sip. Minggu depan mau nyoba ah. (antiklimaks)

    Oh ya, salam kenal ya, mbak ras πŸ™‚

    1. Salam kenal juga Mbak Mega πŸ™‚ Hahaha nggak apa-apa mba kalo kita nggak se-geng. Emang terong teriyakinya menggoda banget ya dari foto. Abis bikin ini aja, besoknya aku bikin lagi karena rasanya beneran enak dan praktis bikinnya. Selamat mencoba yaaa πŸ™‚

  2. Terong is lyfe! Suka banget sama terong, apalagi cuma digoreng tabur garam. Kenyel-kenyel gimana gitu. Jadi pengen cobain dibumbui dengan saus teriyaki.

Leave a Reply