Nasi Daun Jeruk dan Ayam Goreng Tepung Rica-rica

Kalau udah pertengahan bulan gini, saya suka mikir kemana larinya uang di rekening? Kok udah tinggal segini aja hehe. Percaya atau nggak, kadang uang yang udah diatur sedemikian rupa hilang sebagian karena……. godaan GO-FOOD. Mulai kopi, camilan, sampai makan siang sekarang udah kayak serba GO-FOOD aja. Wah tandanya harus direm nih, biar masih punya tabungan buat liburan.

Ngomong-ngomong soal GO-FOOD, emang yang namanya jajanan itu menggiurkan banget ya. Apalagi sekarang makin banyak bermunculan kedai makanan yang menyajikan menu menggugah. Salah satunya menu ala rice bowl atau nasi dengan lauk yang sederhana, tapi kelihatannya itu lho, maknyus!

Dimulai dari Eatlah dengan chicken salted egg-nya, terus ada juga Tujuhrasa dengan nasi ayam rempah, dan Brosinthebox dengan nasi ayam sambal matah yang menggugah. Nasi dengan lauk pauk yang sederhana, tapi kaya rasa ini memang bikin ngiler banget.

Terus jadi ingat sajian restoran RM Legoh di Bandung yang punya menu nasi daun jeruk dan ayam goreng tepung rica-rica. Kemarin kepikiran mau makan ini, tapi kok jauh ya. Akhirnya bikin sendiri deh. Yuk, simak resep serta cara membuat nasi daun jeruk dan ayam goreng tepung rica-rica berikut ini.

Bahan-bahan:

Nasi Daun Jeruk

  • Beras, cuci bersih
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 3 daun jeruk
  • Air

Ayam goreng tepung

  • 2 dada ayam, cuci bersih
  • Tepung bumbu ayam crispy
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai rawit oranye/merah
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 2 cm jahe
  • Garam
  • Gula pasir
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Masak nasi seperti pada umumnya, namun ditambahkan serai yang telah digeprek serta daun salam dan daun jeruk yang sudah dicuci bersih
  2. Potong dada ayam tanpa tulang berbentuk dadu. Kemudian lumuri dengan tepung bumbu yang telah diberi air dingin. Masukkan ke adonan basah > adonan kering (tepung bumbu saja). Goreng sampai kecokelatan
  3. Uleg cabai merah keriting, cabai merah besar, cabai rawit oranye, tomat, bawang merah, bawang putih, jahe, dan garam serta gula pasir secukupnya. Uleg jangan sampai terlalu halus. Tumis dengan minyak goreng
  4. Jika bumbu sudah harum, matikan api dan masukkan ayam goreng tepung kemudian aduk rata hingga ayam terlumuri bumbu rica-rica.
  5. Sajikan dengan daun jeruk yang telah dicuci bersih dan diiris tipis memanjang.

Membuat ayam goreng tepung yang crispy juga ada triknya lho. Jadi setelah dilumuri oleh adonan tepung basah dan digulingkan ke tepung bumbu kering, kalian harus meremas ayam seperti dipijat atau diremas berulang kali. Dengan begini, teksturnya jadi lebih crispy dan bentuk tepungnya bergelombang. Mirip seperti ayam kentucky. Setelah dipijat, harus langsung digoreng ya. Jadi lebih baik jangan didiamkan. Gorengnya juga dengan api sedang agar matangnya sempurna.

Untuk sajian nasi daun jeruknya, agar makin gurih bisa ditambahkan santan. Jadi mirip bikin nasi uduk. Cuma kalau menghindari makanan berkolesterol, tanpa santan juga sudah enak karena aroma daun jeruknya itu yang bikin nikmat. Biar tambah cantik tambahi irisan daun jeruk saat memasaknya.

Catatan:

*Silakan menambahkan takaran bahan-bahan jika dirasa belum sedap atau mengubah durasi waktu memasak sesuai jenis kompor atau besar/kecilnya api kompor agar matang dengan sempurna.

4 comments / Add your comment below

  1. Aku termasuk sering beli daging ayam buat suami bawa bekal. Cuma bosen aja kalo gak di teriyaki ya di jadiin katsu. Penasaran sama resep-resep lain. Nah ini boleh dicoba nih 😀

  2. Olahan ayam itu paling mudah ya, bisa diolah dengan bumbu/marinate sauce apa aja. By the way, nasi jeruk yang pernah kucoba enak dan gurih, sayang harganya agak mahal. Bisa dicontek resepnya buat bikin di rumah nih.

    1. Iya makanya aku suka banget sama ayam, diapain aja enak dan gampang. Wah kak Wina makan nasi jeruk di mana? #kepo

Leave a Reply