#BekalMaksi: Mi Wortel Tek-tek

Selamat datang di post pertama #BekalMaksi! Mulai minggu ini, setiap hari Minggunya akan di-post mengenai #BekalMaksi alias bekal makan siang. Konten ini bermula dari pengalaman saya sendiri yang tiap harinya bawa bekal karena kalau titip OB di kantor suka bingung beli apa dan berujung sate lagi, mi ayam lagi, atau ayam penyet lagi. Bagi saya yang makannya agak rewel, apalagi soal nasi yang harus lembek, maka diputuskan: udah lah bawa bekel aja biar nggak ribet!

Tentunya #BekalMaksi ini juga dibuat sebisa mungkin ramah kantong, peralatan, dan waktu. Jadi insya Allah cocok buat kalian yang merupakan anak kostan, jadi bisa bikin di dapur bersama ya. Untuk membuat #BekalMaksi, sebenarnya dipastikan juga ada kompor, wajan, panci, spatula, ulekan, pisau, talenan, minyak goreng, garam, gula, dan lada di dapur (terutama buat anak kos). Nah jangan males untuk menyediakan berbagai persediaan makanan dan bumbu untuk diri sendiri karena akan berguna banget untuk bikin bekal yang bervariasi dan tambah nikmat.

Biasanya kalau abis gajian, saya langsung memastikan stok apa yang harus diperbarui. Selain lada dan garam, saya juga memastikan, saus, kecap, minyak wijen (ini wajib buat nasi goreng/mi goreng biar tambah mantap!), saus tiram dan saus teriyaki (beli sachet-an aja), bubuk cabe, tepung bumbu, bubuk bawang putih (khusus yang males ngupas bawang), dan beras (kalau harus makan nasi) atau pasta dan mi alias barang-barang yang nggak gampang basi. Jadi kalau masak-masak ya gampang lah. Buat kalian yang suka bekal pasta atau kentang, bisa juga lho stock rosemary dan basil kering agar sedap rasanya.

Nah setelah semua peralatan dan bahan-bahan itu ada, tinggal disesuaikan mau bikin bekal apa. Kalau mau ada telurnya, beli dulu telur sepulang kerja di warung/minimarket. Kalau mau sayur dan bumbu-bumubu seperti cabai, daun bawang, dan bawang-bawang lainnya bisa beli di supermarket atau paginya jalan ke mbok sayur (tips: minta nomor mbok sayur, jadi bisa nitip bahan-bahan via SMS/WhatsApp untuk diambil besok).

Bagi saya yang kadang bosen atau nggak selera makan nasi, karbohidratnya bisa diganti dari mi, pasta, atau kentang. Makanya suka stock bahan-bahan tersebut di rumah. Kali ini saya mencoba mi wortel dari Javara Indonesia seharga Rp 24 ribu (ini bisa dibagi menjadi 4, jadi sebulan bisa 4x bekal olahan mi). Untuk percobaan pertama kali, saya bikin yang kelewat praktis dan udah tau rasanya aja alias mi goreng tek-tek. Berikut resep mi wortel tek-tek.

Bahan-bahan:

  • Mi wortel
  • 1 butir telur ayam
  • 1 batang daun bawang
  • 2 lembar sawi
  • 1 wortel
  • 3 buah bakso
  • 2 sdm jamur kancing (opsional, kalau nggak ada nggak usah dipaksa, hehe)
  • 4 cabai rawit oranye (kalau nggak suka pedas, 2 cukup)
  • 1 siung bawang putih
  • 1 butir bawang merah
  • 1 butir kemiri yang sudah dibakar
  • Garam
  • Lada
  • Minyak wijen
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Rebus air hingga mendidih, lalu matikan kompor. Masukkan mi wortel dan biarkan selama 5 menit hingga layu
  2. Potong bakso, daun bawang, dan sawi sesuai selera serta parut wortel (bisa juga dipotong tipis memanjang)
  3. Haluskan dengan diuleg, yakni cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kemiri, dan tambahkan garam dan lada secukupnya. Uleg kasar saja
  4. Panaskan wajan yang telah dituang 1 sdm minyak goreng dengan api kecil. Tumis bumbu halus sampai harum
  5. Masukkan telur dan orak-arik
  6. Masukkan bakso dan jamur, tumis sebentar
  7. Masukkan mi wortel dan 1 sdt minyak wijen. Aduk rata hingga tercampur
  8. Masukkan sawi, daun bawang, dan wortel. Aduk lagi hingga tercampur rata. Angkat dan letakkan di kotak #BekalMaksi. Jangan langsung ditutup ya kotak #BekalMaksi-nya biar nggak berembun. Bisa diamkaan 5-1o menit hingga panasnya menguap
  9. Jika punya taburan seperti bawang goreng atau bon cabe bisa ditambahkan di atasnya. Saya menggunakan gomashio kale flakes dari Sunkrips.

Mi yang digunakan juga nggak harus mi wortel (dan dari merek ini). Bisa juga pakai mi sayur lainnya seperti mi bayam dan lain-lain atau kalau cuma sempat ke minimarket dan ngebet banget pengen #BekalMaksi mi tek-tek, bisa pakai mi telor mereka apa aja.

Ngomong-ngomong soal sayur, memang agak tricky kalau bahan-bahannya hanya dipakai sedikit untuk 1 menu #BekalMaksi. Kalau beli di mbok sayur sih bisa minta dikit aja, hehe (kalau dikasih). Namun kalau beli di supermarket atau nggak enakan sama mbok sayur terpaksa harus beli 1 ikat atau 1 bungkus. Nah bikin #BekalMaksi itu memang ada seninya juga, jadi kalian harus berpikir untuk menghindari food waste alias buang-buang makanan.

Misal kali ini kalian bikin mi tek-tek, besoknya kalian bisa memanfaatkan sawi, bakso, dan wortel untuk bikin capcay. Daun bawang-nya bisa dibikin campuran telur dadar. Jadi kalau mau merencanakan bikin bekal, sekalian dijadwalkan untuk bikin apa seterusnya dari bahan-bahan yang sudah dibeli.

Bagi yang ingin #BekalMaksi sehat, jangan ragu-ragu untuk stock bahan makanan yang sehat.  Bisa dimulai dari pemilihan olive oil di samping minyak goreng biasa. Kalau nggak salah, yang kecil sih sekitar Rp 50 ribuan di minimarket/supermarket. Selain itu untuk stock karbohidrat, bisa pilih mi sayuran atau pasta yang sehat melalui online shop. Sekarang banyak banget online shop yang menyediakan bahan-bahan makanan sehat. Bisa cari di Namaste Organic, Lemonilo, Choconola, dan SayurBox.

Selamat makan #BekalMaksi-nya, teman-teman!

4 comments / Add your comment below

Leave a Reply