Mengolah Daging Burger yang Tak Biasa

Setelah icip burger yang SUPER ENAK di Lawless Burgerbar dan Zaka ngiler ngeliat video Tasty, dia punya ide bikin burger sendiri. Alhasil, kami berdua (akhirnya!) masak bareng untuk bikin burger. Sebenernya bikin burger sih gampang ya. Tinggal susun-susun aja jadi. Eits, tapi ada yang berbeda dari burger kali ini. Bedanya adalah dagingnya diracik sendiri alias nggak pakai daging lembaran yang banyak dijual buat burger itu lho.

Setelah browsing sambil mikir bikin burger ala apa, akhirnya diputuskan untuk bikin burger dengan isian daging, telur, keju, selada. Rencananya sih mau bikin burger ala Lawless yang minyaknya banyak (terdengar ew tapi enak banget sih huft). Beginilah rangkuman resep dan cara membuatnya:

Bahan-bahan:

  • 1 roti burger/bun
  • 1/2 pak daging sapi giling (bisa dibikin 2-3 porsi)
  • 1/2 sdt daun thyme
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 telur ayam
  • 1 lembar selada
  • 1 sdt yellow mustard
  • 1 sdt mayonais
  • 1 sdt saus sambal
  • 1 lembar keju
  • bawang bombay
  • 1/2 sdm mentega
  • olive oil

Cara membuat:

  1. Masukkan daging giling ke suatu wadah. Campurkan dengan daun thyme, garam, dan lada bubuk. Aduk sampai rata dan diamkan 5 menit.                                                                                              DSCF5293
  2. Iris bawang bombay bentuk melingkar. Panaskan wajan dengan api kecil, masukkan mentega. Tumis bawang bombay sampai kecokelatan.
  3. Panaskan wajan bulat kecil dengan api kecil, masukkan olive oil. Pecahkan telur, masak telur mata sapi tanpa dibalik. Andalkan kematangan dengan api kecil.
  4. Bentuk bulat daging yang sudah didiamkan, kemudian pipihkan sebesar diameter roti burger.
  5. Panaskan olive oil di teflon dengan api kecil. Panggang daging sampai kecokelatan.                               meat1meat2
  6. Setelah angkat daging, matikan api kompor. Letakkan bagian dalam roti burger di teflon bekas memanggang daging. Diamkan satu menit sampai minyak menempel pada bagian dalam roti.
  7. Oleskan roti bagian bawah dengan yellow mustard dan mayonais. Sedangkan bagian atas dioleskan dengan saus sambal.
  8. Letakkan daging, keju, selada, telur, dan bawang bombay. Siap disajikan dengan kentang goreng.

DSCF5353

Surprisingly rasanya enak! Dagingnya itu ada rasa bumbu yang unik berkat daun thyme. Percobaan pertama rotinya nggak dipanasin jadi kurang nikmat. Percobaan kedua (yang besoknya saya harus rela bikin dan makan lagi demi website ini, lol) ngakalin supaya keseluruhannya enak. Jadilah roti dipanasin dengan sisa minyak daging.

Sebenarnya isi burger bisa dimodifikasi lagi. Misalnya ditambahkan tomat atau acar timun. Pokoknya sesuai selera aja. Letak kenikmatan burger menurut saya ada di daging dan roti. Jadi selain pilih kualitas daging yang baik, cara membumbuinya juga harus tepat. Kalau mau lebih kaya lagi rasanya, kalian bisa menambahkan bubuk cabai dan ragam bumbu lainnya.

Untuk rotinya, pastikan pakai roti yang fresh. Namun kalau kalian beli di gerai roti dan sudah dimasukkan ke kulkas, satu jam sebelum bikin burger sebaiknya dikeluarkan di suhu ruangan. Lebih enak lagi kalau pakai cara saya, dipanaskan di teflon setelah digunakan memanggang daging. Kalau kalian suka tekstur yang creamy, bisa diperbanyak mayonais atau mustardnya. Bisa juga bikin telur mata sapi setengah matang ataupun menggunakan mozzarella. Kalau kalian suka yang oily, bisa ditambahkan takaran olive oil dan menteganya. Semua sesuai selera.

 

 

3 comments / Add your comment below

Leave a Reply