Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggulung Gimbap

Kalau suka nonton drama Korea pasti tau deh foto nama hidangan di atas. Ya, gimbap adalah salah satu makanan khas Korea yang sering disajikan dengan kimchi, bulgogi, atau ayam goreng. Bentuknya memang mirip sushi, namun rasanya berbeda dan teksturnya juga agak berbeda. Kalau biasanya kita makan sushi pas di gigit lebih smooth, kalau gimbap agak crunchy karena bahan isiannya lebih banyak menggunakan sayuran segar dan acar khas Korea.

Isian gimbap juga bermacam-macam. Bahan yang sudah pasti sih baisanya zucchini, wortel, bayam, manisan lobak, dan telur. Namun bisa juga ditambahkan crab stick, bulgogi yang dicincang, atau tuna. Tinggal sesuaikan selera dan persedian bahan aja. Buat yang baru pertama kali bikin gimbap atau sushi, pasti menemukan kendala saat menggulung walaupun udah lihat tutorialnya berkali-kali.

Pasalnya sering banget tidak tepat mengatur bahannya dan menggulungnya.  Sebelum ke tips menggulung, siapin bahan-bahan dan cara bikinnya dulu yuk!

Bahan-bahan:

DSCF3539

  •  1 buah zucchini / timun Jepang
  • 1 buah wortel
  • 1 butir telur
  • 1/2 porsi tuna kalengan
  • 1 cup beras Jepang
  • nori lembaran
  • kecap asin
  • minyak wijen
  • garam
  • lada
  • minyak goreng

Cara membuat:

  1. Masak beras Jepang seperti memasak nasi pada umumnya. Ketika sudah matang, ambil dua centong nasi ke suatu wadah dan biarkan dingin di suhu ruangan
  2. Tuang setengah porsi tuna kalengan di mangkuk. Tambahkan kecap asin, minyak wijen, dan lada secukupnya. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap
  3. Cuci bersih zucchini dan wortel. Iris zucchini memanjang. Iris wortel tipis-tipis sepanjang telunjuk.
  4. Panaskan sedikit minyak goreng di teflon, tumis wortel dengan garam dan lada secukupnya selama 1 menit. Angkat dan tiriskan
  5. Kocok telur yang sudah dicampurkan lada dan garam secukupnya. Panaskan sedikit minyak di teflon dan goreng telur seperti membuat telur dadar pada umumnya. Angkat dan diamkan sampai dingin, setelah itu diiris memanjang.
  6. Tumis tuna yang telah didiamkan selama 15 menit. Angkat dan tiriskan
  7. Siapkan nori di sushi mat, letakkan bagian yang licin di luar, jadi yang diletakkan nasi dan isian bagian yang tidak licin. DSCF3549
  8. Letakkan nasi di nori, jangan terlalu penuh dan tebal, walaupun ada space yang kosong atau bolong-bolong nggak tertutp nasi tidak apa-apa. Lalu letakkan isian lainnya di atas nasi (zucchini, wortel, telur, dan tuna). Sisakan bagian beras ujung atas dan bawah alias tidak ditiban oleh isian.
  9. Gulung dengan perlahan, kemudian eratkan bersama sushi mat.
  10. Diamkan selama 5 menit, kemudian potong sesuai selera.

DSCF3606

Sebenarnya bikin ini gimbap gampang-gampang susah. Susahnya itu biasanya terletak saat menggulung dan memotongnya. Foto di atas adalah percobaan buat gimbap yang kedua kalinya, walaupun masih agak berantakan. Usut punya usut, ternyata saya melakukan beberapa kesalahan. Nah berikut daftarnya:

  1. Biarkan nasi dan isian sampai dingin di suhu ruangan. Sebab jika masih panas atau hangat akan mempengaruhi tekstur nori. Nori bisa layu dan ketika digulung akan robek.
  2. Kadang nasi yang menempel di jari/sarung tangan plastik saat meletakkan di nori agak menganggu. Triknya agar tidak menempel dan juga menyebabkan rasa nasinya gurih adalah dengan melumuri jari atau sarung tangan plastik dengan minyak wijen.
  3. Jangan berusaha menutupi sisi tengah nori dengan nasi yang penuh. Justru akan membuat bentuk gimbap jadi gendut dan ketika digulung tidak rapi.
  4. Agar sisi samping gimbap terlihat menarik, setelah digulung dan direkatkan juga ditekan menggunakan sushi mat, lumuri tangan/sarung tangan plastik dengan kecap asin lalu tempelkan tangan/sarung tangan plastik ke seluruh bagian nori. Rasanya juga jadi tambah sedap!
  5. Agar saat dipotong tidak berantakan, diamkan gimbap yang telah digulung minimal lima menit agar lebih merekat. Kemudian potong dengan pisau yang benar-benar tajam.

Nah kira-kira begitu kesalahan yang saya lakukan saat pertama kali bikin gimbap. Alhasil ketiga kalinya saya bikkin gimbap untuk Zaka bentuknya lebih oke lah (foto paling atas). Tambah sayap ayam yang telah digoreng dan ditumis dengan irisan bawang putih juga saus barbeque jadi tambah enak. Kalau rasanya mau lebih hidup lagi, bisa ditambahkan kimchi (sekarang di beberapa supermarket sudah ada). Gampangnya sediakan kecap asin, mayones, dan bubuk cabai untuk memakan gimbap. Kalau ini percobaan bikin gimbap kedua kalinya yang masih berantakan:

DSCF3600

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply