Jajanan Korea yang Praktis dan Nagih

12417711_10153804489623965_2254936428270113038_n

Jinjja? Ada jajanan korea yang bisa dibuat dengan gampang dan dijamin enak? Aigooooo, ini harus dicoba! Gara-gara ngikutin TV show The Return of Superman dan 3 Meals A Day, saya jadi mengerti bahasa Korea walaupun sedikit-sedikit banget. Plus sekarang udah mulai menggemari beberapa drama korea. Oppa Yoo Yeon Seok ganteng banget ya Tuhan! Gara-gara sempet gila Korea, saya juga jadi tau beberapa makanan dan camilan khas Korea. Terlebih beberapa supermarket sekarang udah punya bagian makanan/minuman Korea.

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah tteobokki alias hot and spicy rice cake. Jadi ini tuh semacam jajanan orang-orang Korea. Mungkin kalau di Indonesia itu sebangsa sama bakso, siomay, cilok, dan lain-lain kali ya. Jadi bahan dasarnya itu kayak tepung beras berbentuk stick (kue beras) dan dimasak dengan gochujang, saus pedas manis khas Korea. Nah kalau mau bikin ini tuh gampang banget dan dijamin enak. Ini pun jadi camilan Korea favorit saya. Bahan-bahan utamanya sekarang juga sudah tersedia di beberapa supermarket, kayak Ranch Market dan Farmers Market. Saatnya nonton dramkor sambil makan tteobokki!

Bahan-bahan:

  • tteobokki
  • 2 sdm gochujang
  •  odeng/fish cake
  • 2 siung bawang putih
  • bawang bombay dibelah menjadi dua, ambil satu bagian saja
  • 1 sdm olive oil
  • mozzarella
  • parsley kering

Cara membuat:

  1. Tuangkan air di panci kemudian rebus tteobokki sampai mengapung. Angkat dan tiriskan.
  2. Goreng odeng sampai berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan. Jika sudah tidak panas, potong memanjang.
  3. Panaskan olive oil di wajan, lalu masukkan irisan bawang putih dan bawang bombay, tumis sampai baunya harum. Kemudian masukkan gochujang  dan 1/4 gelas air, masak selama 2 menit.
  4. Masukkan tteobokki dan odeng, kemudian aduk rata. Angkat, masukkan dalam alumunium foil.
  5. Letakkan mozzarella di atas, taburi parsley. Lalu oven selama 5 menit hingga mozzarella meleleh.

Praktis bukan? Nah untuk memilih mereknya sih saya belum pernah coba berbagai merek. Ini pun baru sekali bikin, tapi langsung jatuh hati sama rasa dan teksturnya. Nah yang saya bikin ini bahan-bahannya dibeli di Wijaya Mart Korea, itu letaknya ada di Jl. Wijaya, sekitaran Blok S. Di sini ttebokki-nya dijual bukan per pack, tetapi bisa ditimbang. Nah satuannya itu bentuknya panjang dan saya cuma beli 3 pcs dengan harga nggak sampai Rp 10.000. Kalau di Ranch Market dan Farmers Market, tteobokki-nya sudah dipotong kecil dan dikemas.

Untuk gojhucang-nya saya beli di Farmers Market yang bermerek Sunchang. Nah satu pack-nya itu lumayan banyak isinya dan kalau untuk buat sekali bikin resep masakan Korea, sayang rasanya. Jadi harus rajin-rajin pakai gochujang ini biar nggak mubazir. Bisa dipakai untuk ayam goreng alias chijeu buldak atau ramyun. Satu sendok aja sudah bisa memberikan rasa yang menurutku menyengat, tapi nggak menganggu kok, rasanya enak!

Berlanjut ke odeng, sebenarnya ini mirip otak-otak. Bentuknya itu seperti lembaran persegi panjang dan terbuat dari ikan yang dihaluskan dicampur tepung terigu. Penyajian odeng atau oemuk ini beragam. Biasanya kalau di Korea, odeng disajikan ditusuk seperti satai kemudian direbus dengan kuah kaldu dan irisan daun bawang. Kalau saya sih sukanya digoreng dan dicocol ke gochujang.

3 comments / Add your comment below

Leave a Reply