Memilih Susu Murni yang Berkualitas

Susu murni Hometown Dairy menjadi salah satu bahan untuk masak-memasak yang saya selalu stock di kulkas. Selain untuk masakan, susu murni ini juga nikmat untuk diminum langsung. Segar, creamy, dan nggak bikin eneg!

Bagi saya yang hobi masak-masak, nggak jarang dapat pertanyaan “itu bahannya pakai merek apa” atau “bisa didapat di mana itu bahannya” dari teman-teman di media sosial. Mungkin terkesan sepele, tapi percaya deh bahan-bahan masakan yang sebenarnya banyak banget ada di pasaran itu punya kualitas yang berbeda. Tentunya suatu bahan yang punya kualitas baik akan membuat hasil masakan jadi tambah nikmat dan pastinya aman serta sehat dikonsumsi.

Pada post kali ini saya akan membagi cerita tentang memilih susu sapi yang berkualitas, baik untuk diminum langsung maupun dijadikan bahan masakan. Saya sempat mendapatkan banyak pertanyaan tentang merek susu saat membuat cake atau minuman, seperti es kopi susu kekinian. Soalnya kalau saya menggunakan susu dengan merek berbeda, pasti akan berbeda juga rasanya.

Saya termasuk orang yang suka minum susu sapi dan akhirnya terbiasa selalu mengecek ada pilihan apa saja di supermarket. Beberapa bulan yang lalu saya cukup penasaran dengan susu sapi murni Hometown Dairy. Sebenarnya saya sudah tahu keberadaan susu sapi murni ini dari para influencer di Instagram. Saat ke supermarket dan melihat susu murni Hometown Dairy di rak bagian susu, akhirnya mencoba beli. Penasaran, memang rasanya benar-benar murni dan enak?

Sejak SD, saya sekeluarga langganan susu murni dengan salah satu distributor pabrik susu di kawasan rumah (semenjak kuliah sudah tidak langganan karena jasa pengantarnya sudah nggak ada, hiks sedih). Jadi setiap sore, dikirim susu sapi murni mentah. Malamnya saya rebus dengan ditambahkan sedikit gula pasir biar nggak eneg. Soalnya saya suka merasa eneg kalau sudah minum setengah gelas. Oh ya, part favorit saya dari minum susu sapi murni adalah saat bagian atasnya membentuk langit-langit atau yang disebut creme on top.  Yum, enak banget!

Setelah membeli Hometown Dairy dari supermarket, saya simpan di kulkas. Besoknya saya minum segelas dan ternyata rasanya beneran enak! Benar-benar susu murni karena nggak ada rasa tambahan seperti susu sapi kemasan pada umumnya. Enaknya lagi, saya merasakan susu murni Hometown Dairy ini punya taste yang lebih creamy. Langsung deh mikir, ini mah selain diminum gitu aja enak dijadikan bahan masakan.

Manfaat Susu Murni bagi Kesehatan

Kalian termasuk yang  suka minum susu sapi murni nggak? Kalau iya, bagus dan pertahankan ya! Sementara bagi kalian yang masih ragu, ada baiknya mengetahui manfaat susu murni demi kesehatan. Sudah pasti manfaat susu pernah diajarkan di sekolah. Nggak ada salahnya dong mengingatnya kembali. Memang apa sih manfaat susu murni? Apa benar-benar berpengaruh ke kesehatan?

Rasanya nggak valid ya kalau bilang suatu hal punya manfaat tanpa penelitian. Maka saya lansir penelitian dari SteadyHealth yang mengungkapkan bahwa satu gelas susu sapi memberikan 30% kebutuhan kalsium harian untuk orang dewasa.  Sebab, mengandung  karbohidrat, mineral, lemak, vitamin B12, vitamin D, dan vitamin A. Oh ya, perlu diketahui juga peneliti dari Universite Laval mengatakan susu sapi murni merupakan sumber vitamin B12, vitamin penting yang susah ditemukan di bahan makanan nondaging.

Susu sapi juga kaya akan enzim dan mengandung 22 asam amino esensial. Salah satunya fosfat yang bisa menyerap kalsium dengan baik. Hebatnya lagi, susu sapi murni mengandung asam linolenat terkonjugasi yang dipercaya bisa melawan kanker.

Selain itu, susu sapi perah melewati proses pasteurisasi. Jadi bakteri, enzim, dan protein jahat dimusnahkan karena melalui proses pemanasan ini. Selain proses ini, sejatinya susu sapi perah punya enzim dan antibodi jadi rentan terhadap bakteri.

Keunggulan Susu Murni Hometown Dairy

Banyak penelitian yang mengungkapkan jika kandungan pada susu yang sudah diproses itu akan berkurang. Eits, beda lho dengan susu murni Hometown Dairy. Sebab, susu murni Hometown Dairy ini merupakan original fresh milk yang lebih alami. Maksudnya bagaimana? Jadi susu murni Hometown Dairy yang terbuat dari 100% susu murni asli lebih less-processed yang tandanya nggak perlu khawatir dengan kandungannya. Aman untuk dikonsumsi sekeluarga. Apalagi bagi ibu-ibu pasti ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga kan?

Karena rasanya enak, saya jadi penasaran kok bisa ya seperti ini? Beda kayak susu sapi murni lainnya. Ternyata susu murni Hometown Dairy diambil dari sapi-sapi di Peternakan Hometwon oleh PT Great Giant Livestock yang sapinya dirawat dengan baik. Untuk proses pembuatannya pun menggunakan mesin produksi modern sehingga rasanya enak dan creamy.

Bagaimana soal ketahanannya? Dikarenakan susu murni Hometown Dairy merupakan original fresh milk alias susu sapi murni maka jangka waktu kesegaran dan kelembutannya hanya bertahan 12 hari sejak tanggal produksi. Ingat ya, simpan di dalam kulkas dengan suhu 0-4 derajat. Sementara itu jika seal telah dibuka, alangkah baiknya dikonsumsi maksimal 3 hari. Sebab, susu murni Hometown Dairy tidak mengandung gula, air, perisa, pengawet, stabilizier, maupun tambahan lainnya. Jadi benar-benar 100% susu sapi murni.

Hebatnya lagi (bagi saya yang suka bagian creme on top), susu murni Hometown Dairy masih menjaga creme on top alaminya yang enak banget! Susu murni Hometown Dairy juga mempertahankan kebaikan susu dengan rasa sealami mungkin lho karena susu murni berisi bakteri baik dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Belakangan ini, saya dan keluarga rajin minum susu murni Hometown Dairy tiap pagi. Segar, enak, creamy, kenyang, dan nggak bikin eneg!

Perlu diketahui, susu Murni Hometown Dairy juga telah mendapatkan sertifikasi dari BPOM dan label halal dari MUI. Nggak ada alasan lain untuk nggak mencoba enak dan amannya susu murni Hometown Dairy kan?

Membuat Minuman London Fog dengan Susu Murni Hometown Dairy

Sudah mengenal manfaat susu murni dan keunggulan susu murni Hometown Dairy, kini saatnya bereksperimen. Saya mengkreasikan susu murni Hometown Dairy untuk dijadikan beberapa minuman favorit sekeluarga di rumah. Rasanya jadi lebih enak karena susunya creamy banget. Kali ini saya akan membagi resep minuman andalan saya kalau lagi santai-santai di akhir pekan, yakni london fog.

Minuman yang merupakan paduan teh, susu, dan vanila ini merupakan minuman khas Kota Victoria di Kanada. Bahkan Starbucks juga pernah memasukkan minuman ini ke dalam menunya. Yuk, cek resep dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan-bahan

  • 1 kantung atau 1 sdt teh earl grey
  • 100 ml air panas
  • 50 ml susu murni Hometown Dairy
  • 1/4 sdt ekstrak vanila

Cara membuat

  1. Rebus air mendidih lalu tuangkan ke cangkir yang telah diisi dengan teh earl grey 
  2. Campurkan dengan susu murni
  3. Tambahkan ekstrak vanila, lalu aduk rata. Jika suka manis, tambahkan gula dan aduk kembali.

Selain dibuat minuman, saya juga sempat mengkreasikan susu murni Hometown Dairy sebagai bahan dasar masakan. Beberapa minggu lalu saya sempat membuat buttermilk chicken dan mashed potato yang creamy. Dengan menggunakan susu murni Hometown Dairy, rasanya pun makin nikmat. Misalnya mashed potato yang saya buat teksturnya tambah moist dan rasanya lebih creamy dibandingkan dengan menggunakan susu sapi kemasan lain.

Susu murni Hometown Dairy tersedia dalam beberapa kemasan, yakni kemasan 1 liter, 2 liter, dan 3 liter. Kalian juga bisa mendapatkan susu murni Hometown Dairy dengan mudah karena tersedia di beberapa supermarket di beberapa kota, seperti Jabodetabek (Foodhall, Ranch Market Farmers Market, HERO, Jasons, Superindo, Lotte Mart, Transmart Carrefour, Kemchiks, All Fresh, Grand Lucky, Indofresh, AEON, Papaya, dan Hypermart), Bandung, Lampung, Surabaya, dan Malang.

Untuk informasi lebih lengkap, kalian bisa mengunjungi situs resmi Hometown Dairy, atau Facebook Hometown Dairy, dan Instagram Hometown Dairy.

 

26 comments / Add your comment below

  1. Saya suka banget sama susu murni. Sejak kecil udah biasa minum susu murni. Tapi, kalau sama earl grey antara suka dan tidak hehehe. Tetep penasaran, sih, ma resep ini. Kapan-kapan mau saya coba bikin. Terima kasih resepnya, ya 🙂

    1. Aku justru lebih suka susu murni dari kecil, boleh mbak dicoba. Susu Hometown Dairy ini banyak kok tersedia di supermarket

  2. asik aku nemu blog yg infonya keren banget, jadi berasa pinter deh mba pas udah baca blognya, hehee.. makin semangat minum susu. salam kenal and nice to see your blog ^^

  3. Ini susunya emang banget ya, Mbak. Di rumah pada ketagihan.
    Dan kayanya aku mau coba tuh resepnya. Ngebayangin minum teh susu sore hari ditemani buku kayanya nikmat sekali.

    1. Sama mbak, orang-orang di rumah juga suka susu ini. Padahal biasanya nggak nyentuh susu. Boleh dicoba resepnya, hehe

  4. Banyak influencer review susu Hometown Dairy, beneran enak ya? Makin ke sini, makin menghindari minum susu aneka rasa. Maunya yang murni aja, hehehe.

    1. Bener bangeeet, tambah moist pakai susu ini dan rasanya juga makin gurih. Ih mau dong mba kalo udah nyoba bikin keju pake susu Hometown Dairy. Pasti enaaak

  5. Biasanya aku minum susu Home Town ini pas dingin. Anak2ku ketika sampai rumah pulang sekolah langsung ke kulkas nuangin susunya deh. Segarrrr! Ditemenin choco crunch mengimbangi rasa susunya yang plain, enaaak deh.

    1. Memang disarankannya dingin mbak, jadi seger ya hehe. Anak-anak pasti suka banget deh kalo dicampur sereal

  6. Karena rasanya yang creamy ini, jadi kayak untuk kuah soto pun juga enak ya, Mba. Apalagi untuk diminum langsung atau dibikin teh susu kayak buatan Mba Raras ini. BTW foto lighting-nya bagus banget, Mba. Mataharinya oke banget nih, haha…

    1. Hahaha iya mbak, fotonya pas pagi menuju siang jadi mataharinya oke. Aku pun penasaran kalau dijadikan soto, kapan-kapan bikin deh buat soto betawi hihi

Leave a Reply