Memulai Gaya Hidup Sehat Itu Nggak Susah

Makin ke sini gaya hidup sehat terus marak digencarkan oleh banyak orang. Jangan salah, menganut gaya hidup sehat itu termasuk investasi untuk masa depan. Yuk jangan cuma investasi rumah saja lho, kesehatan lebih penting untuk kehidupan jangka panjang.

Apalagi di masa kini terus bermunculan berbagai inovasi di segala bidang. Misalnya makanan dan minuman yang racikannya makin beragam. Mulai dari bentuknya yang instagramable hingga rasanya yang makin unik. Demi memenuhi lapar mulut (dan update konten lol), kita jadi sering mengonsumsi makanan yang nggak sehat.

Belum lagi aktivitas yang semakin padat karena kerjaan dan acara kumpul bareng banyak teman-teman maupun komunitas, nggak jarang bikin kita lupa olahraga. Bisa dikatakan, kedua hal tersebut merupakan kunci utama dalam menerapkan gaya hidup sehat. Padahal memulai gaya hidup sehat nggak susah alias gampang lho. Simak 3 cara simpel saya untuk memulai gaya hidup sehat berikut ini.

Biasakan aktif bergerak tiap harinya

Sebagai orang yang kegiatannya cukup padat, saya sering menyampingkan waktu untuk olahraga kayak datang ke tempat fitness atau studio untuk berolahraga (jangan ditiru ya). Beberapa bulan lalu saya sempat melakukan medical check up. Hasilnya kondisi tubuh saya baik-baik saja kecuali masalah berat badan (udah pasti ya kelebihan). Walaupun sehari-hari saya sudah mengurangi gorengan dan camilan serta memilih makanan yang lebih sehat, semua tak berarti jika kita tidak aktif bergerak.

Maka saya mendapatkan catatan untuk berolahraga selama satu jam setiap harinya. Saya langsung putar otak: ngapain ya di tengah jadwal yang cukup padat karena kebanyakan hobi ini, terutama saat hari kerja? Selain jalan kaki ke kantor setiap hari, akhirnya saya berniat untuk olahraga di rumah setiap hari. Caranya? Senam kecil dan zumba melalui tutorial di YouTube. Saya juga sadar kok olahraga nggak boleh dilakukan sembarangan. Jadi memilih zumba dibandingkan yoga yang menurut saya peran tutor secara langsung itu penting.

Awal saya memilih olahraga seperti ini dimulai dari searching dengan keyword “zumba for beginners”. Ada ribuan video yang bisa dipilih. Durasinya pun bermacam-macam, mulai dari 15 menit hingga satu jam. Biasanya satu video saya gunakan selama seminggu penuh. Minggu depannya ganti video lagi deh. Sebelum zumba pun saya pemanasan senam kecil dengan menggerakkan kepala, tangan, tubuh (pinggang dan pinggul), hingga kaki. Setiap harinya saya juga sit-up 20x. Nah, bergerak aktif setiap hari jadi lebih mudah. Thanks internet!

Membuat bekal makan siang sendiri

Bagi kalian yang mengikuti kehidupan harian saya, pasti tau deh kalo saya selalu bawa bekal makan siang ke kantor. Sebenarnya alasan membawa bekal adalah karena saya termasuk tipe orang yang rewel kalau makan.  Lama kelamaan saya sadar bahwa membawa bekal setiap harinya bisa mendukung gaya hidup sehat.Mengapa? Pertama, sudah pasti menggunakan bahan yang berkualitas. Kedua, sudah terjamin bagaimana cara mengolahnya. Mulai dari dicuci terlebih dahulu hingga dimasak menggunakan peralatan yang bersih.

Eits, nggak hanya itu. Saya juga jadi terbiasa untuk menentukan bahan-bahan yang kira-kira bisa mendukung gaya hidup sehat. Dimulai dari minyak goreng, untuk menumis kini saya memakai olive oil. Kalau pengen mi, sekarang meracik sendiri bumbunya dan menggunakan mi sayuran seperti mi bayam dan mi wortel, sampai stok superfood kayak granola, chia seeds, dan kacang almond di rumah. Jadi kalau mau nyemil, ya ada stok camilan sehat kacang-kacangan dan chia seeds yang bisa ditabur di buah-buahan.

Rutin minum Heavenly Blush Greek Yogurt

Nah ngomongin camilan, saya termasuk tipe yang suka banget jajan. Nggak cuma snack, tapi juga minuman. Hayo jujur deh, pasti sehari nggak minum minuman yang ada rasanya pasti ada yang kurang kan? Memilih minuman kemasan memang agak tricky. Jangan cuma pilih yang enak, tapi pastikan juga kandungannya menyehatkan. Beruntungnya ada Heavenly Blush Greek Yogurt yang enak, sehat, dan praktis untuk diminum di manapun dan dibawa ke manapun.

Kalau ditanya saya tim yogurt apa, saya bakalan jawab pencinta plain yogurt garis keras! Nah, rasa Heavenly Blush Greek Yogurt ini klasik alias plain. Waktu pertama kali mencoba, saya langsung suka banget dan hampir setiap hari minum ini.

Mengapa saya berani minum Heavenly Blush Greek Yogurt  setiap hari? Soalnya semua produk Heavenly Blush terbuat dari susu segar dan bahan-bahan yang berkualitas juga alami. Untuk rasa buah-buahannya pun terbuat dari buah asli. Kalau kalian takut mengonsumsi minuman kemasan karena kandungan gulanya, tenang saja. Heavenly Blush dibuat rendah lemak dan rendah gula.

Bagaimana dengan rasanya? Enak dan tidak begitu asam karena PT Heavenly Nutrition Indonesia menggunakan bantuan teknologi untuk memilih jenis bakteri asam laktat tertentu sehingga rasanya tidak begitu asam.

Enaknya lagi, Heavenly Blush Greek Yogurt ini nikmat diminum langsung ataupun dicampur dengan buah-buahan untuk dijadikan smoothie. Saya suka banget minum yogurt ini karena teksturnya yang kental dan rasanya creamy, jadi gampang kenyang. Kenapa teksturnya kental? Karena termasuk greek yogurt. Sebenarnya proses pembuatannya sama seperti yogurt pada umumnya. Cuma setelah itu disaring agar whey-nya terbuang sehingga teksturntya lebih kental.

Biasanya saya juga campurkan dengan buah untuk dijadikan smoothie. Misalnya buah naga dan pisang diblender dengan Heavenly Blush Greek Yogurt, enak! Seperti foto smoothie di bawah ini yang terdiri dari 1 buah naga, 1 buah pisang, dan 1 kotak Heavenly Blush Greek Yogurt diblender bersamaan. Buahnya dibekukan dulu ya di freezer, biar makin nikmat.

Udah ngomongin enaknya Heavenly Blush Greek Yogurt, sekarang cari tau manfaatnya bagi kesehatan yuk! Yogurt menjadi minuman yang bisa mendukung gaya hidup sehat karena ragam kandungannya bisa menyehatkan tubuh. Hasil fermentasi susu ini mengandung bakteri hidup yang menguntungkan bagi tubuh.

Dilansir dari situs Healthline, yogurt hampir menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya kandungan vitamin B, kalsium, dan mineral yang tinggi. Yogurt juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit tertentu, seperti flu berkat kandungan vitamin D-nya. Sementara kandungan kalsium dan mineralnya membantu kita mengurangi risiko osteoporosis.

Hebatnya lagi, yogurt punya bakteri baik yang bisa menghilangkan mikroorganisme berbahaya. Faktanya, mikroorganisme berbahaya bisa merusak usus dan sistem pencernaan lho. Makanya bakteri baik ini berfungsi untuk membantu kinerja sistem pencernaan dan akhirnya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Apalagi bagi kaluan yang punya intoleransi laktosa, pas banget minum yogurt karena lebih mudah dicerna dibandingkan susu.

Nah bagi para perempuan yang suka merawat kulit, yogurt juga memiliki manfaat terkait kesehatan dan kecantikan kulit. Selain menggunakan rangkaian skincare, kalian juga harus memperhatikan asupannya yang dapat memicu kerusakan kulit. Dengan minum yogurt, kalian bisa menyingkirkan sel-sel mati untuk membuta kulit bersih. Sebab, yogurt punya kandungan asam laktat yang berfungsi sebagai exfoliator.

Selain itu, yogurt vairan Greek atau dikenal dengan greek yogurt juga kaya akan protein (kandungannya 2x lipat dari yogurt biasa) yang bisa membantu mengontrol berat badan. Bahkan greek yogurt dinilai lebih sehat dari yogurt biasa karena kandungan sodium dan karbohidratnya lebih unggul. Eits, ingat ya manfaat di atas bisa kalian dapatkan kalau rutin minum yogurt setiap hari. Hayo siapa yang nggak mau minum Heavenly Blush Greek Yogurt? Udah enak, banyak manfaatnya lho!

Ada yang suka minum Heavenly Blush Greek Yogurt juga kayak saya? Yuk, ikut kompetisi blog dengan tema #HeavenlyBlushGreekSecret. Kalian bisa berkesempatan mendapatkan hadiah jalan-jalan ke Yunani dan hadiah menarik lainnya. Langsung aja ceritakan gaya hidup sehat kalian dengan Heavenly Blush Greek Yogurt di blog. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi challenge.cchan.tv/greeksecret ya! Periode kompetisi ini berlangsung sampai 23 April 2018.

6 comments / Add your comment below

  1. Aku pun ikutin zumba yang ada di YouTube. Lebih suka zumba daripada yoga hehehe.
    Oiya, aku juga baru aja coba heavenly blush greek ini untuk bikin smoothies. Enaaakk rasanya ­čÖé

    1. Tosss! Kadang suka mager ke luar rumah jadi olahraganya bareng YouTube aja hehe. Iya mbak Lia, aku suka banget dijadiin smoothies karena tekstur dan rasanya lebih creamy

  2. Halo, Mbak. Salam kenal ya. Saya konsumsi yogurt sebulan belakangan. Greek yogurt classic ini juga saya konsumsi semingguan ini. Syukurnya, pencernaan saya malah lancar sehabis minum/makan yogurt. Sekarang kalau mau pergi-pergi pagi nggak boleh habis sarapan banget, kalau engga bakalan ribet pas udah rapih. Hehe jadi curcol. ­čśÇ

    1. Halo mbak Isti, salam kenal juga ­čÖé Wah sama mbak, aku juga jadi lebih lancar pencernaannya kalo minum yogurt.

Leave a Reply