Nikmatnya Greek Moussaka, Lasagna Terong Ungu

Bagi pencinta lasagna, kalian harus coba greek moussaka atau lasagna terong ungu. Pertama kali saya coba menu ini di restoran Greek di bilangan Panglima Polim yang sekarang udah tutup (hiks, padahal enak dan cukup murah). Kalau dilihat dari tampilannya memang seperti lasagna pada umumnya. Namun ketika disendokkan dan dimakan, rasanya cukup unik. Sebagai pencinta terong, saya suka banget menu ini dan akhirnya kesampaian bikin lasagna terong. Yay!

Moussaka yang merupakan makanan khas Yunani ini merupakan lasagna yang terdiri dari 3 lapisan. Adapun lapisan tersebut adalah terong, daging cincang, dan keju. Sebenarnya nggak perlu pakai lapisan lasagna, cuma saya tambahkan biar teksturnya makin enak dan lebih kenyang usai memakannya. Umumnya, moussaka dimasak dengan saus bechamel, saus putih berbahan tepung terigu, susu, dan mentega. Namun biar praktis saya pakai saus bolognese. Yuk, simak resep lasagna terong yang praktis berikut ini. Bikinnya pun mudah, tinggal ditumpuk-tumpuk dan dipanggang (mirip seperti bikin potato gratin).

Bahan-bahan (untuk 3 porsi)

  • 2 buah terong ungu
  • 1 mangkuk kecil daging giling (saya pakai daging ayam)
  • 6 lembar instant lasagna
  • 1 bungkus sedang/10 sdm saus bolognese
  • 1/2 butir bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • mozarella (saya pakai Kraft Quick Melt)
  • garam
  • lada
  • olive oil

Cara membuat:

  1. Cuci bersih terong lalu potong bundar tipis. Letakkan pada nampan/loyang dengan posisi seperti hendak dijemur. Taburkan garam secukupnya pada permukaan terong, diamkan di dalam ruangan selama 30 menit sampai keluar air. Keringkan dengan handuk/tisu                                           
  2. Tumis terong dengan olive oil sebentar saja, lalu angkat dan tiriskan
  3. Iris tipis memanjang bawang bombay dan potong kecil-kecil bawang putih. Tumis dengan olive oil sampai harum
  4. Masukkan daging giling dan campurkan garam serta lada. Masak sampai warnanya berubah. Kalau ayam sampai putih, daging sapi sampai cokelat. Matikan api
  5. Siapkan loyang yang telah diolesi olive oil. Masukkan 5 sdm saus bolognese dan ratakan ke seluruh permukaan
  6. Tumpuk dengan 3 lembar lasagna sampai menutupi permukaan loyang
  7. Letakkan terong sampai menutupi lembaran lasagna lalu tuangkan daging giling                       
  8. Tuang 5 sdm saus bolognese dan ratakan
  9. Tumpuk dengan 3 lembar lasagna lagi sampai tertutup lalu taburkan keju parut/mozarella 
  10. Panggang selama 30-40 menit

Tips Memanggang Lasagna yang Lembut

Zaman sekarang apa-apa makin praktis. Salah satunya dengan kehadiran ragam produk instant lasagna. Jadi nggak usah direndam air atau direbus dulu. Langsung aja letakkan di loyang, jadi deh lasagna yang nikmat dan lembut. Awal saya bikin lasagna dengan instant lasagna memang banyak yang nanya emang berhasil bikinnya gitu doang? Alhamdulillah berhasil karena mungkin memanggangnya juga tepat.

Pertama, kalian harus memilih loyang tang tepat. Usahakan pakai loyang kaca atau alumunium foil. Jadi bisa bikin proses memanggangnya sempurna. Tips lainnya, saya dapat dari teman kalau mau lebih mantap lagi. Loyang panggangnya direndam dengan loyang besar yang telah diisi air. Saya belum pernah coba cara ini sih, cuma banyak juga yang mempraktikannya dan berhasil.

Membuat lasagna juga agak tricky karena seringkali lapisan atas sudah matang, tapi dalamnya belum. Biasanya saya menutup loyang dengan alumunium foil untuk menjaga suhu bagian atasnya. Bebas gosong deh! Sudah siap bikin lasgana terong?

 

3 comments / Add your comment below

  1. duhh ngiler liatnyaaaa :3
    aku belom pernah nih nyobain bikin lasagna pake loyang gede, biasanya pake yang wadah kecil alumunium itu :3
    dan dulu bikinnya dikukus apa ya lupaaa udah lama

Leave a Reply