Resep Cilok Empuk Bumbu Kacang

Hayooo, siapa yang suka jajan cilok bumbu kacang? Waktu saya SD, jajanan cilok belum se-hits sekarang sih. Jadi saya baru suka jajan cilok itu pas kuliah dan kerja. Apalagi di depan kantor ada tukang jualan cilok, makin-makin deh. Cilok, cimol, dan cireng memang jadi jajanan favorit saya karena teksturnya unik dan bisa dicampur macam-macam bumbu yang nikmat. Kalau orang Korea punya tteobokki, kita punya aci!

Soal jajanan kaki lima, ibu sebenarnya suka nasehatin kalau bisa nggak usah jajan sembarangan. Apalagi pas ada isu difteri kemarin dan salah satu penyebabnya adalah pembuatan bumbu bubuk cabai yang kotor. Saya nggak bilang semua jajanan kaki lima jorok ya. Cuma lebih baik menghindari kan? Mending mencari yang sudah tau gimana proses bikinnya atau bikin sendiri.

Nah seminggu kemarin saya lagi pengen banget makan cilok dan dua bulan belakangan udah nggak pernah jajan cilok karena nasihat ibu (anaknya nurut ya, hehe). Akibat terus ngebayangin kenyalnya cilok (+ ditemani es teh daun mint), akhirnya coba googling resepnya dan… baru inget kalau di rumah punya stok tepung tapioka. Langsung deh dipraktikin cara bikin cilok. Cek resep cilok empuk bumbu kacang berikut ini yuk.

Bahan-bahan

Cilok

  • 1 cup tepung terigu
  • 1 cup tepung tapioka
  • 3 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang
  • 1 gelas (300ml) air mendidih
  • garam
  • lada bubuk
  • minyak goreng

Bumbu kacang

  • 1 cup kacang tanah
  • 3 buah kemiri
  • 5 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit oranye
  • 50 ml air panas
  • garam
  • gula
  • minyak goreng

Cara membuat

  1. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, lada, daun bawang yang sudah dipotong tipis, dan bawang putih yang sudah dihaluskan dalam wadah. Aduk rata
  2. Masukkan air mendidih secara perlahan sambil diaduk
  3. Aduk adonan hingga tercampur rata dan kalis
  4. Pada meja/talenan besar, taburi tepung terigu. Letakkan adonan dan pipihkan lalu giling.
  5.  Bentuk adonan menjadi bulat besar sampai tidak lengket di tangan
  6. Cetak adonan menjadi bentuk bulat-bulat kecil sesuai selera
  7. Rebus cilok selama 7-10 menit. Beri minyak goreng pada air agar cilok tidak menempel satu sama lain. Angkat dan tiriskan
  8. Untuk bumbu kacang: Panaskan minyak goreng pada wajan, goreng kemiri dan kacang tanah. Angkat lalu uleg bersama cabai merah, cabai rawit, garam, dan gula pasir. Tambahkan air dan aduk rata
  9. Cilok siap diajikan dengan bumbu kacang, kecap, dan saus.

Begini Cara Bikin Cilok Empuk dan Matangnya Merata

Setiap saya memasak, pasti saya cari tahu dulu bagaimana cara membuat suatu menu teksturnya pas. Membuat cilok memang agak tricky karena bisa saja kelembekan, masih keras, atau malah matangnya nggak merata. Ada beberapa tahapan yang kalian harus perhatikan saat membuat cilok empuk.

Dimulai dari menakar tepung terigu dan tepung tapioka. Jika kalian suka cilok yang empuk dan kenyal, perbandingan tepungnya 1:1 ya. Sedangkan ingin tekstur yang kenyal banget, tepung tapiokanya lebih banyak. Sementara jika ingin yang agak lembek, tepung terigunya yang dibanyakin.

Saat mencampurkan dengan air mendidih pun harus secara perlahan ya sambil diaduk. Jadi jangan sekaligus dituangkan satu gelas. Ini tujuannya agar adonan cepat kalis dan tidak benyek dan lengket. Terakhir, saat merebus pastikan cilok diangkat ketika sudah mengambang. Kalau kelamaan merebus bisa lembek dan hancur (ini terjadi ketika saya bikin cilok kedua kalinya).

Kalian juga bisa lho mengkreasikan cilok agar makin enak. Untuk sausnya kalian bisa modifikasi dengan saus teriyaki dan mayones. Atau bisa juga dengan membuat isian cilok dari telur maupun daging. Pasti makin enak!

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply