Chicken Chilaquiles with Sunkrisps Kale Tortilla Tempe

Wah nama menu kali ini agak unik ya, chicken chilaquiles merupakan salah satu menu tradisional khas Meksiko. Dari namanya aja udah kental rasa-rasa Meksiko-nya. Chilaquiles merupakan makanan tradisional Meksiko yang terdiri dari tortilla kemudian diberi saus salsa merah. Agar makin meriah, chilaquiles sering ditambahkan bahan-bahan lain, seperti daging ayam. Makanya dinamakan chicken chilaquiles. Bisa juga ditambahkan telur, keju, krim, dan aneka sayuran di atasnya biar makin lengkap.

Biasanya chicken chilaquiles disajikan menjadi menu sarapan. Uniknya, menu ini merupakan menu yang muncul ketika orang Meksiko punya stok atau sisa tortilla. Makanya dimanfaatkan dengan saus salsa. Saus salsanya pun sesuai selera. Jika mau salsa merah, gunakan tomat. Sedangkan mau salsa hijau, gunakan cabainya Meksiko alias poblano. Saya adalah tipe orang yang penasaran banget sama makanan khas negara lain, jadi tertarik icip ini. Apalagi belum pernah mengkreasikan menu masakan Meksiko (kalau Korea sih sering, kayak tteobokki dan gimbap, hehe) Namun kali ini saya menyesuaikan bahan-bahan yang gampang didapatkan. Yuk, simak resep chicken chilaquiles berikut ini.

Bahan-bahan (*untuk 1 porsi)

  • 1 buah dada ayam tanpa tulang
  • rosemary oil¬†
  • 1 buah alpukat mentega
  • 3 lembar daun¬†selada keriting
  • 1 bungkus Sunkrisps Kale Tortilla with Tempe

Pasta tomat

  • 3 buah tomat
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • garam laut
  • lada hitam butir
  • rosemary
  • cilantro
  • basil
  • madu
  • olive oil

Cara membuat:

  1. Untuk pasta tomat, panaskan olive oil di teflon/wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicacah sampai harum. Masukkan tomat yang sudah dipotong dadu kecil. Tekan dengan spatula kayu sampai hancur. Masak sampai mendidih, lalu matikan api. Tambahkan garam laut, lada hitam butir (digeprek), cilantro, basil, rosemary, dan madu sesuai selera. Lalu aduk rata. Lengkapnya bisa intip resep dan tips dari Kak Atit di sini.                                                 
  2.  Cuci bersih ayam dan lumuri dengan perasan air lemon (bisa di-skip kalau nggak ada), garam, dan lada. Diamkan selama 15 menit-1/2 jam agar bumbu meresap. Panggang di teflon hingga matang dengan rosemary oil (bisa di lihat di sini ya cara buat rosemary oil, kalau nggak ada pakai olive oil juga nggak apa-apa). Diamkan di suhu ruangan lalu potong memanjang seperti disuwir
  3. Campurkan ayam dengan pasta tomat kemudian aduk rata
  4. Sajikan dipiring dengan Sunkrisps Kale Tortilla with Tempe, selada keriting, dan alpukat mentega yang telah dipotong.

Kriuk-kriuk, Sunkrisps Keluarkan Kale Tortilla with Tempe yang Nagih dan Sehat

Bagi yang suka berburu makanan sehat, pasti nggak asing deh sama Sunkrisps. Brand makanan sehat lokal ini punya beberapa produk yang enak banget. Pertama kali saya kenal sama Sunkrisps gara-gara kak Ai sempet merekomendasikan Gomashio Kale Flakes untuk anaknya yang masih balita. Wah, buat anak kecil aja boleh, berarti produknya dijamin aman. Akhirnya saya nyoba Gomashio Kale Flakes yang merupakan bumbu tabur agar makanan makin nikmat.

Baru-baru ini Sunkrisps mengeluarkan produk terbarunya, yakni Kale Tortilla with Tempe. Langsung deh mempraktikan resep yang cocok dimakan dengan tortilla. Sama seperti produk Kale Chips, tortilla ini punya dua rasa yang bisa dipilih. Bagi yang suka pedas, silakan pilih rasa Chilly Chili. Tenang, pedasnya nggak nyelekit kok dan masih bisa diterima buat kamu yang nggak tahan pedas. Sedangkan bagi yang suka keju, pilih Kale Tortilla with Tempe dengan rasa Cheesy Crunch yang nagih banget!

Kale Tortilla With Tempe ini aman dimakan untuk anak kecil sampai kalian yang sedang diet karena gluten free dan vegan friendly. Berbahan dasar kale organik, kali ini Sunkrisps memadukannya dengan tempe lokal non-GMO yang diproses dengan teknik air dried atau dehydration process. Bagi yang penasaran sama produk Sunkrisps, yuk langsung dapatkan ragam produknya dengan klik di sini.

Leave a Reply