Cemal Cemil Cookies Sehat yang Bikin Nagih

Ngemil emang jadi kegiatan yang sulit untuk disetop. Abis makan yang asin, pengen yang manis. Begitu pula sebaliknya. Nggak selesai-selesai deh pokoknya. Sebenarnya ngemil itu bukan lah hal yang mengerikan banget bisa bikin bobot badan jadi tambah berat. Semua bisa diakali kalau kalian memilih camilan yang sehat dan mengonsumsinya nggak berlebihan.

Cookies adalah salah satu camilan favorit saya. Nggak cuma cookies berbahan dasar tepung dan bertabur chochip aja yang saya suka, cookies berbahan dasar granola juga saya suka karena rasanya nggak kalah enak kayak cookies yang dijual di supermarket.  Cookies granola adalah salah satu senjata camilan sehat saya biar nggak merasa bersalah banget nyemil terus. Apalagi kalay teksturnya chewy, jadi lebih nikmat ketika masuk ke mulut dan dilumatkan. Bikinnya pun gampang, yuk dicoba.

Bahan-bahan:

  • 3 cup granola
  • 1 cup almond
  • 1 cup tepung terigu
  • 100 gram margarin
  • 2 sdm brown sugar
  • 3 sdm gula putih halus
  • 2 butir telur
  • 1 sdt vanili bubuk/ekstrak vanili
  • 1 sdt baking soda
  • sejumput seasalt

Cara membuat:

  1. Campurkan margarin, brown sugar, dan gula putih halus ke dalam satu wadah. Mixer sampai tercampur rata dan tektusrnya fluffy
  2. Masukkan telur dan vanili, mixer sampai tercampur selama 2 menit                                                        DSCF6834
  3. Masukkan tepung terigu, baking soda, dan seasalt. Mixer dengan kecepatan terendah selama 2 menit
  4. Masukkan granola dan almond. Aduk dengan sendok sampai tercampur rata dan tekturnya agak lengket. Misal masih terlalu cair adonannya, tambahkan granola dan almond                                                         
  5. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega dan ditabur tepung terigu agar adonan tidak lengket ketika matang
  6. Letakkan adonan pada loyang menggunakan sendok, takaran 1 sendok makan penuh untuk 1 cookies. Janagn dibuat lingkarang pipih. Namun agak bulat seperti menggunung. Jangan letakkan adonan antara 1 cookies dengan cookies lainnya terlalu berdekatan                                                                           
  7. Taburkan topping sesuai selera. Bisa choco chip, choco cunks, atau cokelat kemasan seperti Cha Cha dan M&Ms
  8. Panggang selama 15-20 menit. Angkat dan sajikan.

Catatan:

* Saya menggunakan oven kompor

*Silakan menambahkan takaran bahan-bahan karena ingin lebih kaya rasa atau adonan belum terbentuk dengan sempurna

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply