Cara Bikin Es Kopi Susu Kekinian

Processed with VSCO

Tanggal 20-an tuh kadang emang bikin pusing ya. Dompet udah mulai kempes, tapi kebutuhan tetap tinggi. Apalagi kebutuhan buat minum es kopi susu kekinian buat pemanis di kala ngerjain tugas kantor. Hayo siapa yang nggak bisa lepas dari es kopi susu?

Biasanya di tanggal tua gini, kita harus merelakan keberadaan es kopi susu sebagai teman kerja pas sore-sore. Pas jam ngantuk menyerang di kala kerjaan lagi banyak-banyaknya (buat saya). Emang sih harga es kopi susu itu nggak semahal gerai yang sering memberikan promo di LINE itu tuh. Cuma kalau setiap hari beli ditambah ongkos kirim plus tip supir ojek online ya lumayan juga. Es kopi susu, maaf kita harus berpisah sementara waktu 🙁

Kalau bicara es kopi susu, saya punya dua merek yang paling favorit. Pertama adalah Tuku karena ini bisa dibilang cinta pertama saya. Sebelum hingar bingar terkenalnya Tuku, saya sudah lumayan sering mampir untuk Es Kopi Susu Tetangga. Kadang saya juga beli bubuk kopi untuk persediaan di rumah. Hebatnya Es Kopi Susu Tetangga ini jadi comfort drink banyak orang. Terbukti teman saya yang nggak bisa dan nggak suka kopi malah ketagihan minum Es Kopi Susu Tetangga. Takaran kopi dan susunya seimbang. Jadi bagi saya tak ada yang sangat dominan.

Merek kedua favorit saya adalah Sagaleh yang tidak punya gerai. Kayaknya sih ini rumah biasa di kawasang Petotogan. Kenapa saya suka Sagaleh karena kopinya lebih strong dan after taste-nya enak. Masih ada es kopi susu lainnya yang saya suka. Misalnya Es Kopi Susu milik Animo Bakery di Cipete untuk yang suka tekstur lebih kental, tapi tidak begitu terasa kopinya. Saya juga rekomendasi Es Kopi Tulen milik Cuan.

Kehebohan es kopi susu ini juga dimeriahkan sama Pak Jokowi. Para penggemar Tuku dihebohkan dengan vlog Jokowi yang  kontennya edisi mampir ke Tuku bersama istri dan anak untuk mencicipi Kopi Susu Tetangga. Alhasil esok harinya Tuku di Cipete maupun Pasar Santa dipenuhi sama abang Gojek yang antrenya super luar biasa panjangnyaaaaaaaaaaaa. Untuk sementara saya memutuskan nggak pesan lewat Gojek dulu.

Nah di tengah kehebohan ini, saya dipertemukan dengan kabar resep es kopi susu kekinian dari Instagram Loving Living. Satu post berisi ilustrasi bahan-bahan es kopi susu kekinian langsung bikin saya heboh. Abis itu saya share juga ke teman-teman yang suka ngopi. Ternyata resep ini datangnya dari Kak Ranum (terima kasih kak!). Ia sempat disuruh demo bikin es kopi susu kekinian. Karena penasaran, ya udah saya coba deh. Siapa tau rasanya oke dan bisa lebih hemat.

Setelah dua kali percobaan mengikuti resep kak Ranum, saya akhirnya punya takaran yang pas (bagi saya lho). Yuk intip cara bikinnya!

Bahan-bahan:

  • 2 sdm kopi bubuk (saya pakai Nescafe Gold Blend)
  •  1 sdm brown sugar
  • 2  sdm krimer
  • 100 ml air panas
  • 150 ml susu full cream Frisian Flag
  • 100 ml susu Frisian Flag rasa kelapa muda
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan kopi bubuk, brown sugar, dan krimer. Tuang air panas (harus mendidih) dan aduk sampai rata.
  2. Tuangkan susu dan aduk rata. Tambahkan es batu.

Super gampang kan? Kalau dipikir-pikir sih ini bisa hemat jajan es kopi susu khususnya di tanggal tua. Walaupun rasanya nggak sama dengan dua es kopi susu favorit saya tadi, tapi saya sih suka dan nyaman sama rasanya. Oh ya kemarin ada beberapa orang yang menanyakan soal pemilihan bubuk kopinya. Bisa pakai kopi bubuk apa saja. Nah menariknya Nescafe Gold Blend ini memadukan biji kopi Arabika dan Robusta. Jadi kayak pas aja gitu.

Kalau untuk susu rasa kelapanya ini bagi saya lumayan wajib karena memberikan taste gurih. Untuk pilihan susu full cream-nya juga bebas. Dulu sih sempat dengar dari salah satu barista di Jakarta, susu yang cocok buat kopi itu justruk merek Greenfields. Untuk krimer dan brown sugar juga bebas merek apa aja ya. Soal hematnya sih saya percaya ini lebih hemat karena kalau dipikir-pikir tinggal beli susu per dua hari aja (kalau minum kopi satu gelas sehari). Kopi, krimer, dan brown sugar bisa buat persediaan yang panjang. Plus nggak pakai ongkir. Selamat mencoba mentemen perkopisusuan!

7 comments / Add your comment below

Leave a Reply