Resep Buttermilk Fried Chicken yang Praktis dan Enak

Ada yang penasaran dengan apa itu buttermilk? Semenjak suka masak, pasti saya setidaknya sehari googling resep dari berbagai situs. Nggak jarang saya menemukan resep yang menggunakan buttermilk. Saya sih waktu itu mikirnya susu yang diproses sedemikian rupa sehingga menyisakan taste buttery. Resep dengan bahan dasar ini sering saya ganti dengan susu sapi biasa sampai akhirnya menemukan fakta tentang buttermilk dari Kak Ai Kelincitertidur. Ternyata buttermilk adalah susu yang dicampur vinegar maupun air perasan lemon.

Akhirnya persepsi saya mengenai susahnya mencari buttermilk di supermarket terpatahkan dengan fakta ini (padahal kalau dari dulu googling sih bisa aja bikin buttermilk sendiri). Berdasarkan riset lewat Google, buttermilk merupakan cairan sisa proses membuat susu maupun mentega. Teksturnya lebih kental dari susu cair dan rasanya agak asam.

Dari Google juga saya mendapatkan pengetahuan bahwa bisa bikin buttermilk dengan berbagai cara yang mudah. Namun kali ini saya akan mengikuti resep dari Kak Ai karena memang praktis dan punya stok lemon di rumah. Selain resep membuat buttermilk, saya juga akan membagi resep buttermilk fried chicken. Berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan

Buttermilk

  • 250 ml susu putih cair (pakai Hometown Dairy biar rasanya makin creamy)
  • 1/2 buah lemon

Buttermilk fried chicken

  • 250 ml buttermilk
  • dua buah fillet ayam (bisa juga pakai ayam bagian lain)
  • 1 sdt bubuk paprika
  • 1/2 sdt bubuk bawang putih
  • 1/4 sdt lada putih bubuk
  • garam
  • dried herbs secukupnya (parsley dan rosemary)
  • tepung bumbu serbaguna (tepung bumbu ayam crispy Sasa)
  • minyak goreng
  • caesar salad dressing

Cara membuat

Buttermilk

  1. Tuang susu pada mangkuk, campurkan air perasan lemon, dan diamkan minimal 10 menit atau sampai teksturnya mengental                                                                                    DSCF8941
  2. Jika masih tersisa karena terlalu banyak menuang susu (terjadi pada saya lol), bisa disimpan di kulkas maksimal 2 hari.

Buttermilk fried chicken

  1. Cuci bersih dan potong ayam sesuai selera. Taburkan garam secukupnya dan pijat ke seluruh bagian ayam
  2. Campurkan bubuk paprika, bubuk bawang putih, lada, dan dried herbs pada ayam (karena saya nggak punya stock dried herbs, akhirnya petik rosemary, basil, parsley, dan peterseli. Cuci bersih dan keringkan atau oven sebentar, lalu iris tipis).                                                   
  3. Remas atau pijat hingga bumbu tercampur rata dan bisa meresap. Diamkan selama 15 menit
  4. Tuang buttermilk pada ayam yang telah dibumbui lalu simpan di kulkas semalaman                     
  5. Jika sudah ingin dikonsumsi, pisahkan ayam dengan buttermilk. Tuangkan tepung bumbu serbaguna secukupnya pada buttermilk, aduk hingga mengental
  6. Lumuri ayam pada tepung bumbu kering, lalu ke adonan tepung bumbu basah (yang dicampur ke buttermilk), dan lumuri kembali ke tepung bumbu kering kemudian pijat atau remas ayam agar saat digoreng tepungnya membentuk seperti ayam kentucky 
  7. Goreng sampai warnanya cokelat keemasan. Sajikan dengan caesar salad dressing dan mashed potato. (Cek resep mashed potato dengan klik di sini).

Cara Membuat Buttermilk dengan Bahan-bahan yang Praktis

Selain menggunakan air perasan lemon, kalian juga bisa membuat buttermilk sendiri dengan bahan-bahan lain yang praktis. Misalnya dengan cuka, tapi saya sih nggak begitu menyarankan karena aroma cuka membuat suatu masakan jadi kurang sedap (ini masalah selera sih). Buttermilk juga bisa dibuat dengan menggunakan susu dan yoghurt (ini saya belum coba). Takarannya bisa menggunakan 200 ml susu cair dengan 3/4 cup yoghurt, lalu dicampur dan didiamkan seperti cara di atas. Katanya sih bisa juga pakai cooking cream, disesuaikan persediaan aja ya.

Sebenarnya apa sih kegunaan buttermilk? Pada umumnya, buttermilk digunakan untuk membuat cake, muffin, hingga pancake. Hasilnya akan lebih lembut tanpa harus menambahkan banyak kandungan lemak. Jangan salah, buttermilk juga punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh.

Cairan susu yang rendah kalori dan melalui proses fermentasi ini diyakini bisa mengurangi rasa panas dalam tubuh, melancarkan pencernaan, hingga menambah nutrisi karena mengandung vitamin B kompleks, kalsium, protein, dan potasium. Daripada disimpan, kalian juga bisa meminumnya langsung lho. Rasanya asem-asem segar, bagi saya sih enak jika diminum dingin. Sudah siap bikin buttermilk sendiri? Kira-kira resep apa lagi ya yang patut dijajal pakai buttermilk?

8 comments / Add your comment below

    1. Sebenarnya susu putih apa aja bisa, cuma kualitas emang nentuin rasa hehe. Setelah diperas lemonnya diaduk lagi ya, baru didiamkan. Selamat mencoba, Golda!

  1. Saya juga gak suka aroma cuka. Bikin mual. Biasanya, saya tuang susu aja sama bawang putih. Kayaknya kapan-kapan mau coba bikin seperti ini. Terima kasih resepnya, ya 🙂

Leave a Reply