Buat Teh Rempah yang Nggak Kalah Enak dari Thai Drink

DSCF6541

Siapa yang suka minuman thai tea? Jenis minuman ini emang lagi hits banget di Indonesia. Bahkan tiap bulannya muncul merek thai tea baru di banyak pusat perbelanjaan. Rasanya pun jadi macam-macam. Mulai dari kopi, matcha, aneka rasa buah, hingga Milo. Minuman dengan rasa manis pasti selalu ambil bagian di daftar jajan-jajan lucu. Setelah es kopi susu kekinian, kini giliran thai tea yang meramaikan list jajan kalian. Duh, tambah banyak ya.

Suatu hari saya lagi pengen banget minum sesuatu yang enak, tapi selain kopi. Ternyata ada masanya saya bosen juga minum kopi tiap hari. Nah tiba-tiba teringat salah satu artikel Buzzfeed yang membahas ulasan resep teh dari banyak orang. Salah satu yang berhasil mencuri perhatian saya adalah masala chai. Ternyata minuman ini adalah minuman teh susu khas India yang kaya rempah. Setelah liat bahan-bahan dan cara membuatnya, beuh ini mah gampang. Coba buktikan sendiri deh.

Bahan-bahan:

  • 1 sdm teh hitam
  • 1 sdm gula pasir
  • 5 buah kapulaga
  • 2 batang kayu manis
  • 4 buah lada hitam
  • 1 inci jahe
  • 100 ml air
  • 200 ml susu putih cair

Cara membuat:

  1. Tumbuk kapulaga dan lada hitam, jangan terlalu halus
  2. Rebus air dan jahe (yang telah digeprek) sampai setengah mendidih                                                  DSCF6536
  3.  Masukan teh hitam, tumbukan kapulaga dan lada hitam, kayu manis (yang telah digeprek), serta gula pasir. Kemudian aduk hingga semuanya tercampur
  4. Tuangkan susu dan rebus hingga mendidih dan berbusa
  5. Tuangkan ke cangkir menggunakan saringan.

Gampang kan? Aroma saat merebusnya saja sudah menggoda. Minuman ini sebenarnya enak diseruput panas-panas, apalagi saat musim hujan begini. Kalau mau disajikan dengan es pun juga tidak kalah enak. Semua bahan-bahan tersebut juga gampang banget didapatkan. Untuk teh hitam, bisa beli di minimarket atau supermarket. Ada berbagai merek, mulai Sariwangi hingga Tong Tji. Kalau dapat teh celup hitam pun juga bisa digunakan, tinggal disobek dan dituangkan tehnya dalam panci untuk direbus.

DSCF6543

Selain enak, masala chai ini juga banyak khasiatnya karena mengandung rempah-rempah. Selain baik untuk pencernaan, masala chai juga diyakini bisa memberikan manfaat lain. Antara lain meredakan PMS, mencegah flu, hingga meningkatkan energi. Untungnya lagi, kalau kalian beli thai tea di gerai-gerai ternama kan suka merasa terlalu manis. Dengan membuat sendiri, kalian bisa mengatur takaran gulanya.

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply