Begini Cara Buat Donat Kentang Enak yang Praktis

DSCF5392

Masih ingat post Es Kopi Susu Kekinian yang fenomenal itu? Bagi banyak orang, kopi itu nggak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi saya, minimal sehari minum segelas kopi deh. Kalau udah ngopi pengennya ada camilan kayak donat kentang. Dulu kalau beli Tuku pasti selalu pesan donat kentang atau banana choco bread. Pokoknya kopi itu harus ada pasangannya, bukan cuma orang doang!

Dikarenakan saya udah bisa bikin es kopi susu enak secara mandiri, akhirnya penasaran bisa nggak ya bikin donat kentang sendiri. Setelah browsing resep donat kentang, ternyata ada cara praktis bikin donat kentang tanpa kentang! Loh loh gimana ceritanya nggak pakai kentang? Kuncinya ada di……. tepung kentang, lol. Jadi nggak usah repot-repot mengupas dan mengukus kentang deh. Yuk, lihat resepnya di bawah ini:

Bahan-bahan:

  • 3 1/2 sdm tepung kentang
  • 10 sdm tepung terigu (Segitiga Biru)
  • 3 1/2 sdm mentega (kalau beku atau disimpan di lemari es, letakkan di suhu ruangan terlebih dahulu)
  • 200 ml susu cair putih (Ultramilk)
  • 100 ml air panas
  • 2 buah telur ayam
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 bungkus ragi instan (Fermipan)
  • minyak goreng
  • gula halus

Cara membuat:

  1. Letakkan tepung kentang dalam suatu wadah, tuangkan air panas perlahan-lahan sambil diaduk. Dinginkan sampai bentuknya agak menggumpal seperti di bawah ini                                          DSCF5362Masukkan telur ayam dan mentega, aduk rata dengan whisk
  2. Masukkan susu cair dan ragi instan, aduk rata kembali
  3. Masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata                                                    
  4. Diamkan dengan bagian atas wadah ditutup plastik atau lap basah selama 30 menit.
  5. Jika sudah mengembang, masukkan dalam piping bag segitiga
  6. Panaskan minyak goreng dengan api kecil                                                                    DSCF5368
  7. Cetak adonan pada cetakan donat, saya memakai irus                                              DSCF5372Goreng hingga kecokelatan, angkat dan tiriskan
  8. Taburi gula halus.

Hasil donat kentang dari tepung kentang ini nggak kalah enak dengan donat kentang pada umumnya. Apalagi prosesnya lebih gampang. Untuk mendapatkan tepung kentang beserta irus donat bisa cek di Tokopedia aja ya, banyak kok pilihannya. Selain itu, pilih gula halus yang dingin seperti merek Clarins. Jadi pas dimakan ada sensasi dinginnya. Lebih enak!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat donat dan kue biar hasilnya nggak bantat dan teksturnya tepat. Misalnya dalam memilih tepung terigu, pilihlah yang mengandung protein sedang seperti Segitiga Biru. Jadi jangan pilih yang Cakra Biru ya. Untuk telur ayamnya pun harus telur yang disimpan di suhu ruangan. Kalau disimpan di kulkas, diamkan dulu di suhu ruangan.

DSCF5394

Dalam mencampurkan ragi pun tak boleh bersamaan dengan garam. Sebab, hal ini bisa membuat proses pengembangan adonan jadi tidak sempurna. Nah kalau mau lebih terasa kentangnya, bisa ditambahkan kentang yang telah dikukus lalu dicampurkan ke dalam adonan. Eits ingat ya, kentang yang dicampurkan ke adonan lebih baik sudah dingin agar tidak bantat. Jadi, jangan langsung mencampurkan kentang yang baru dikukus ke adonan.

Nah, sudah lengkap kan camilannya? Kalian juga bisa menambahkan topping lain seperti meses, keju, selai stroberi, hingga Nutella di atasnya biar bervariasi. Selamat cemal-cemil!

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply