Cemal-Cemil Sore: Brownies Almond dan Oreo

Haiiiii! Balik lagi dengan resep yang manis-manis setelah beberapa kali berturut-turut post #BekalMaksi dan menu makan siang alias asin-asin lainnya. Kali ini saya mau share resep salah satu jenis kue yang jadi favorit banyak orang dan bikinnya pun gampang, yuk bikin brownies! Sebenarnya sudah banyak produk brownies mix, jadi tinggal tambahin telur dan mentega aja biasanya dan jadilah brownies. Cuma saya pernah sekali nyoba pakai brownies mix dan kurang suka rasanya.

Brownies yang saya suka itu adalah penuh dan kaya akan rasa cokelat. Makanya kalau dilihat resep brownies pada umumnya menggunakan cokelat batangan setengah dari kemasan dark choco yang sering dijual, saya pakai semuanya. Biar makin enak! Sekarang pun banyak toko kue yang nggak hanya menjual brownies dengan topping kacang almond dan cashew, tapi juga Oreo. Saya jadi tertarik buat sendiri di rumah. Yuk, simak resep brownies almond dan Oreo berikut ini.

Bahan-bahan

  • 1 kemasan dark chocolate (250 gram)
  • 3 sdm mentega
  • 2 sdm olive oil
  • 2 butir telur
  • 2 sdm penuh gram tepung terigu (Segitiga Biru)
  • 1 sdm penuh bubuk cokelat
  • 3 sdm penuh gula halus
  • kacang almond
  • Oreo

Cara membuat:

  1. Lelehkan dark chocolate yang telah dipotong kecil-kecil bersama dengan mentega dan olive oil. Tuang ke wadah dan diamkan hingga tidak panas
  2. Masukkan telur dan gula halus. Aduk rata menggunakan balloon whisk 
  3. Campurkan dengan tepung terigu dan bubuk cokelat yang telah diayak. Aduk kembali sampai tercampur rata dan tekstur adonannya sudah berat
  4. Siapkan loyang yang telah diolesi mentega. Tuang adonan
  5. Taburkan kacang almond dan Oreo
  6. Panggang selama 30 menit.

Seperti yang sudah saya bahas di resep Brownes Pisang, membuat brownies juga bisa gagal lho walaupun sering dapat julukan kue bantat. Agar hasilnya sempurna, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya saat mencampur bahan-bahan, gunakan balloon whisk untuk mengaduknya. Jika pakai mixer, teksturnya jadi terlalu cakey. Selain itu, takaran tepungnya jangan banyak-banyak, pastikan takaran cokelatnya lebih banyak agar menciptakan tekstur fudgy.

Sebenarnya bikin brownies juga bisa dikukus, cuma saya lebih suka brownies yang dipanggang karena teksturnya lebih crunchy. Kalau brownies kukus, teksturnya lebih basah dan lembut. Misal kalian lebih suka brownies kukus, ada tips agar teksturnya nggak terlalu basah. Pastikan kukusan yang kalian pakai bentuknya tidak terlalu besar dari loyang karena uapnya bisa lebih banyak dan membuat adonan jadi basah.  Selain itu, api kompor saat mengukusnya sedang saja agar matangnya merata.

Catatan:

* Saya menggunakan oven kompor. Jadi waktu memasak harap disesuaikan dengan jenis oven.

*Silakan menambahkan takaran bahan-bahan karena ingin lebih kaya rasa atau adonan belum terbentuk dengan sempurna.

Leave a Reply