Bikin Sate Kekinian Alias Sate Taichan di Rumah

2017_0409_10433700

Sate taichan memang belakangan ini sedang populer-populernya. Jujur tau jenis sate ini dari salah satu pasangan selebgram yang punya usaha sate taichan goreng hits itu. Dikarenakan penasaran, saya langsung googling jenis sate kekinian ini. Pertama kali yang muncul di browser adalah salah satu gerai sate taichan terkenal di Jakarta, yakni sate taichan di Patal Senayan. Setelah itu, saya berlanjut nyari tau di Youtube.

Dari penampilannya sih ini sate ayam ini dibakar biasa tanpa bumbu karena warnanya putih dan bumbunya berupa cocolan sambal berwarna merah oranye. Emang enak ya? Nggak terlalu polos gitu? Padahal saya mah kalau makan sate juga bumbunya kecap aja, nggak pakai bumbu kacang.

Daripada penasaran, akhirnya saya mencoba sate taichan di daerah Mendawai. Tepatnya di portal Taman Ayodya, dulunya Taman Barito. Kenapa mencoba di sini? Rekomendasi dari si pacar, kalau tukang sate dekat kantornya itu bikin menu baru sate taichan dan rasanya enak. Namanya sate madura Bang Aconk, klik aja langsung. Itu Instagram-nya yang dibikinin temen-temen kantor pacar saya #powerofinstagram.

Pas nyobain sate taichan untuk pertama kalinya, ternyata rasanya enak! Kalau lagi ngidam sate taiuchan, mending ke Bang Aconk aja deh. Dijamin enak! Jadi sate ayamnya ini menyisakan rasa asin gurih dan asam segar soalnya satenya agak basah karena air perasan jeruk nipis. Untuk sambalnya juga enak banget, pedasnya beneran pedas dan gurih. Kalau gini sih bisa bikin sendiri di rumah, beberapa bulan kemudian baru deh akhirnya punya niat untuk buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

2017_0409_09283400

  • 2 buah dada ayam
  • 3 jeruk nipis
  • 15 cabai merah
  • 8 cabai rawit oranye
  • 5 bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt lada
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 100ml air
  • olive oil
  • tusuk satai

Cara membuat:

  1. Cuci bersih dada ayam kemudian potong dadu dan peraskan 2 jeruki nipis, Β taburi kaldu ayam, dan tuangkan 1 sdt olive oil. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit.
  2. Sambil menunggu, haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam, lada, gula pasir, dan 50ml air. Saya haluskan memakai food processor.Β 2017_0409_10124700
  3. Tusuk ayam ke tusukan satai dan bakar sampai matang.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Kalau merasa kekentalan, tambahkan air. Masak sampai mendidih.

Saat melakukan percobaan pertama sate taichan ini, saya merasa ada yang nggak beres. Ternyata dari segi tampilan, sambalnya berbeda dari sate taichan yang saya pernah makan. Saya terlalu lama menghaluskan sambal jadi hasilnya terlalu halus. Harusnya hanya sebentar saja agar masih ada bentuk cabainya. Kalau kekentalan sebenarnya tinggal kasih air aja. Nah di foto sate taichan yang saya buat itu, satenya kering karena belum diperaskan jeruk nipis. Jadi sebelum makan, peraskan jeruk nipis dulu ya agar ada sensasi asam segarnya. Selamat memasak!

Leave a Reply