Bikin Onigiri Mini Modal Belanja di Minimarket

Onigiri adalah salah satu makanan favorit saya. Tekstur nasinya yang gampang dilumat dan isinya yang gurih adalah alasan saya menyukai makanan khas Jepang ini. Plus kalau makan ini rasanya kayak jadi Chihiro pas makan bareng Haku di film Spirited Away (ter-Ghibli), hahaha. Makanya nggak heran kalau saya suka jajan onigiri di Onigiri Futago, Hana Mart (dulunya Mini Stop), dan Indomaret. Favorit saya sih yang isinya tuna mayo, sambal roa, dan cakalang. Selain praktis, makanan ini bikin kenyang. Jadi kalau pengen makan siang atau malam yang praktis, biasanya saya beli 2 onigiri.

Emang dasar hasrat kepo yang luar biasa alias selalu mikir ‘bisa nggak ya bikin yang kayak gini’, akhirnya saya memutuskan untuk bikin onigiri sendiri. Isiannya harus lebih banyak dan lebih gurih rasanya. Beras sushi yang saya beli untuk bikin gimbap kemarin kan masih ada, tinggal beli bahan-bahan lainnya deh. Nggak usah jauh-jauh ke supermarket, bahan-bahan pikin onigiri selain beras sushi bisa dibeli di Alfamart loh! Gampang kan?

Bahan-bahan:

  • 1 cup beras sushi
  • 1/2 kaleng tuna
  • 1 bungkus mayones sachet (pilih yang rasa pedas biar tambah gurih)
  • 1 lembar nori kotak (merek MamaSuka)
  • garam secukupnya
  • minyak wijen
  • bon cabe (untuk cocolan, sesuai selera)
  • sarung tangan plastik/plastik kiloan besar

Cara membuat:

  1. Masak nasi seperti biasanya. Setelah matang, letakkan nasi pada suhu ruangan sampai adem, aduk-aduk sambil diberi sejumput garam agar ada rasa sedikit gurih.
  2. Tumis tuna kalengan tanpa minyak (tuna kalengan sudah ada minyaknya) sampai warnanya agak berubah menjadi lebih gelap. Angkat dan tiriskan. Letakkan tuna pada suhu ruangan hingga adem.
  3. Campurkan tuna yang ditumis dengan mayones. Takaran mayones sesuai selera. Untuk 1/2 kaleng tuna, saya pakai 2 sdm mayones.
  4.  Gunakan sarung tangan plastik, kalau nggak ada bisa pakai plastik kiloan di kedua tangan. Lumuri plastik bagian tangan dengan sedikit minyak wijen. Gunanya agar nasi tidak menempel di plastik, mudah dibentuk.                                                                      
  5. Letakkan nasi pada bagian telapak tangan. Bentuk bulat pipih.
  6. Letakkan 1 sdt penuh tuna mayones. Tutup tuna dengan nasi, tidak perlu menutupnya dengan ukuran yang tebal karena akan mempengaruhi bentuk bulatan menjadi terlalu besar.
  7. Bulatkan seperti membulatkan adonan pada umumnya
  8. Tempelkan nori yang sudah dipotong kecil pada bagian bawah sampai ke tengah.

Untuk yang bingung mencari beras sushi di mana, sekarang sih saya punya trik bagaimana cara mendapatkan bahan yang belum tentu ada di supermarket atau mager ke toko kue dan bahan makanan. Caranya adalah……… bertumpu dengan e-commerce kayak Tokopedia. Tinggal cari mau beli apa, semuanya ada. Nah salah satunya beras sushi ini. Harganya juga bermacam-macam tergantung kualitas dan berapa takarannya.

Untuk membuat onigiri seperti orang Jepang pada umumnya, sebenarnya nggak pakai minyak wijen. Cukup basahkan kedua telapak tangan dengan air, lalu bentuk bulat onigiri. Saya pakai minyak wijen agar tampilannya jadi lebih shiny dan rasanya lebih gurih, aromanya juga jadi lebih menggoda. Onigiri pada umumnya juga nggak pakai isian, cuma biar tambah enak aja jadi diisi dengan bermacam-macam bahan makanan.

Untuk bentuknya juga biasanya segitiga, biar tambah sempurna bisa memakai cetakan onigiri yang banyak dijual di toko bahan makanan. Kalau mau manual, setelah dibulatkan bisa agak ditekan dan bentuk sendiri pakai tangan. Kalau saya sih cukup bentuknya lingkaran aja (ngeles karena males takut jadi nggak karuan bentuknya).

2 comments / Add your comment below

    1. Hi, kalau pakai beras biasa susah nempelnya. Jadi lebih baik pakai beras yang khusus sushi ya. Banyak kok dijual di Tokopedia dengan banyak macam takaran. Selamat mencoba!

Leave a Reply