Begini Caranya Buat Saus Telur Asin yang Creamy

DSCF3313

Buat kalian yang suka jajan pasti nggak asing lagi dengan menu salted egg. Iya, saus telur asin memang sekarang lagi hits banget. Apalagi setelah Eatlah, kedai chicken/dori salted egg dibuka dan menambah cabangnya. Waktu baru pertama kali dibuka, saya sih langsung penasaran merasakan apa sih hebatnya menu ini. Ternyata rasanya emang enak dan teksturnya bikin nagih.

Biasa deh kalau sudah nyemplung dapur, setiap jajan pasti mikir: bisa nggak ya bikin kayak beginian di rumah? Namun karena banyak halangan rintangan alias belum ada niat, akhirnya saya baru bikin kemarin. Sempat khawatir karena takut teksturnya ga sesuai yang ada di gerai itu. Tapi ya dicoba aja deh dan hasilnya…… memuaskan! Yay! Coba deh bikin sendiri, bisa bikin tekstur sausnya sesuai selera loh.

Bahan-bahan:

  • 1 dada ayam, cuci bersih lalu potong dadu
  • 4 telur asin, pakai kuningnya saja
  • 6 sdm tepung bumbu serbaguna (saya pakai Tepung Ayam Crispy Sasa)
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 telur ayam, kocok
  • 5 lembar daun kari/daun salam koja
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm mentega
  • Susu cair putih full cream (saya pakai Frisian Flag)
  • Garam
  • Lada
  • Kaldu ayam bubuk
  • Air
  • cabai rawai oranye (sesuai selera)

Cara membuat:

  1. Lumuri ayam yang telah dibersihkan dan dipotong dadu dengan 1 sdt garam dan 1sdt lada. Aduk dan diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.
  2. Panaskan minyak goreng di wajan. Lumuri ayam dengan campuran tepung bumbu serbaguna dan tepung maizena, lalu lumuri dengan telur ayam yang sudah dikocok, lalu lumuri lagi dengan tepung hingga terbalutkan ke semua bagian.
  3. Goreng ayam sampai warnanya cokelat keemasan dan tekstur tepung sudah crispy. Angkat dan tiriskan.DSCF3303
  4. Lumatkan kuning telur asin dengan sendok sampai halus, tambahkan 1 sdm susu cair full cream dan haluskan.Β DSCF3301
  5. Geprek dan rajang bawang putih, tumis dengan mentega sampai harum. Masukkan daun kari, masak sampai harum. Taburkan 1/2 sdt garam, 1 sdt lada, dan 1/2 sdt kaldu ayam bubuk. Aduk sampai rata.
  6. Β Masukkan kuning telur asin yang sudah dilumatkan. Aduk dan masak hingga berbusa.DSCF3308
  7. Tambahkan 2 sdm susu full cream dan aduk sampai teksturnya cair, tapi tetap kental. Jika mau creamy, tambahkan susu sesuai selera dan aduk lagi. Jika terlalu kental, tambahkan air dan aduk.
  8. Jika suka pedas, tambahkan rajangan cabai rawit oranye.
  9. Sajikan ayam goreng di piring, lalu tuang saus telur asin di atasnya.

Gampang kan? Waktu saya bikin saus dan hasilnya sesuai ya bahagia banget. Kuncinya ada di susu cair full cream, air, dan garam untuk buat tekstur yang bagus dan rasa yang tetap enak. Pokoknya mainkan ketiga bahan itu ketika kalian masih belum sreg sama teksturnya. Walaupun telur asin sudah asin, tapi juga diberi garam ya karena sudah kecampur susu dan air yang membuat kadar asinnya berkurang. Eist, jangan terlalu banyak garamnya.

Pas saya memamerkan hasil mahakarya ini di Instastory, ada beberapa orang yang menanyakan di mana mendapatkan daun kari atau daun salam koja. Nah ini sebenarnya lucu sih. Saya pantang masak menu ini sebelum menemukan daun kari, akhirnya pas niat terkumpul. Saya sampai cari di Bukalapak dan Tokopedia untuk mendapatkan daun ini. Banyak yang jual, dari daun hingga bibit dan pohonnya. Tapi pas liat lokasinya, yang jual rata-rata di luar kota.

DSCF3295

Terus iseng nanya mbak, kira-kira ada nggak yang punya daun kari. SoSetelah mbak lihat fotonya, langsung deh mbak bilang: Ini mah ada di depan situ. Akhirnya besoknya saya dibawain si mbak daun kari yang jumlahnya banyak banget! Yay, besok bikin ayam tangkap aaaah.

4 comments / Add your comment below

Leave a Reply