#BekalMaksi: Beef Bowl Ala Yoshinoya

Bagi kalian yang sudah menerima gaji atau masih menunggu detik-detik gajian, sisihkan sedikit gajinya yuk buat belanja #BekalMaksi. Soalnya #BekalMaksi kali ini emang agak mewah. Kalau udah mewah, pasti rasanya juga enak dong. Apalagi misal kalian suka banget sama beef bowl seperti di Yoshinoya. #BekalMaksi akan re-create beef bowl Yoshinoya yang ternyata bikinnya gampang dan cepat banget! Dijamin nggak bakal telat masuk kerja buat nyiapin bekal (kecuali emang kalian bangunnya siang banget lho).

Sebelum masuk ke resep, saya mau cerita dulu soal sliced beef yang saya dapatkan untuk bikin menu ini. Awalnya lihat dari Instagram Kak Ayi Kelincitertidur, saya “dipertemukan” dengan Mbak Nika Kusuma yang menjual aneka daging dan ikan segar. Harganya pun standar, nggak terlalu mahal. Nilai plusnya lagi, pengirimannya dari Ciganjur alias nggak jauh amat dari rumah saya (ongkir GO-SEND nggak meledak, hore!).

Waktu liat di Instagram Mbak Nika, langsung jatuh hati sama tampilan ragam daging dan ikannya karena terlihat sangat dipilih. Apalagi Mbak Nika juga ngasih tau beberapa resep untuk bisa mengolah hasil jualannya dengan nikmat. Setelah mempertimbangkan beli apa, saya akhirnya memilih US sliced beef dan ikan salmon (tunggu ya untuk olahan salmonnya). Langsung kepikirana bikin beef bowl Yoshinoya buat #BekalMaksi. Yuk, simak resepnya.

Bahan-bahan (*untuk 2 porsi)

  • 250 gram sliced beef
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm minyak wijen
  • 2 cm jahe
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1/2 sdt kaldu ayam/sapi (saya pakai Royco)
  • 1/2 sdt saus teriyaki (saya pakai Saori)
  • 50 ml air

Cara membuat:

  1. Masukkan kecap asin dan gula pasir pada wajan yang telah dipanaskan. Aduk sampai gula larut dan mengental
  2. Masukkan sliced beef dan aduk rata
  3. Jika warnanya sudah terlihat berubah, masukkan bawang bombay yang telah diiris tipis memanjang, jahe yang telah diparut, dan kaldu. Kemudian aduk rata lagi
  4. Tuangkan air dan biarkan sampai mendidih sambil diaduk rata. Kemudian tambahkan saus teriyaki dan aduk rata kembali
  5. Siap disajikan dengan nasi hangat.

Sebenarnya membuat beef bowl Yoshinoya ini lebih enak jika memakai mirin, sake, dan dashi. Cuma karena nggak punya stok itu di rumah, plus sake mengandung alkohol jadi ya di-skip aja. Nah untuk dashi bisa diganti kaldu ayam/sapi. Soal rasa, hasilnya sama-sama enak sih menurut saya. Apalagi makannya ditambah gomashio kale flakes dari Sunkrisps atau spicy seaweed nori dari Gurih-Ya. Tambah nikmat!

Kalian juga bisa menambahkan keripik bayam dan aneka tempura ya kalau ada bahan dan waktu memasaknya. Kemarin saya ingin pakai keripik bayam, tapi lupa beli bayam yang lebar-lebar. Maklum, bayam di tukang sayur kan adanya yang kecil-kecil alias buat dibikin sayur bening. Bisa juga ditambahkan telur ayam kampung yang direbus setengah matang dan ditaburi daun bawang cincang. Selamat bikin #BekalMaksi!

6 comments / Add your comment below

    1. Aku juga pakai Kikoman mbak, mungkin takarannya. Kemarin juga nyoba pakai saus teriyaki Saori aja itu rasanya mirip hehe.

    1. Minyak wijen di-skip juga nggak apa-apa mbak. Biar tambah praktis, bisa pakai saus teriyaki aja. Jadi nggak usah pakai soy sauce dan gula. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply