Ngemil Sore: Banana Brownies with Raw Cacao Nibs & Almond

Kalau ditanya jenis  kue apa yang saya suka banget ada empat macam, yaitu brownies, cheesecake, banana bread, dan carrot cake.  Nah kali ini saya mau berbagi resep salah satu jenis brownies yang agak berbeda. Kalau biasanya bahan utamanya hanya tepung, kali ini saya mencampurkan pisang. Jadi deh brownies pisang. Perbedaan lainnya jika pada umumnya warna brownies cokelat pekat hampir ke hitam, saya membuatnya menjadi cokelat muda karena tanpa mencampurkan cokelat ke adonan.

Brownies yang kali ini saya bikin juga brownies panggang, bukan dikukus. Ini berdasarkan selera sih. Saya lebih suka tekstur brownies yang dipanggang karena lebih crunchy, kalau dikukus kan agak basah. Sebenarnya bikin brownies juga agak tricky soalnya jenis kue yang disebut kue bantat ini juga bisa bantat lho (lucu ya). Kuncinya adalah takaran tepung terigu dan cara mengolahnya.

Sebaiknya jangan terlalu banyak mencampurkan tepung terigu karena bisa membuat tekstur brownies menjadi kering. Lalu cara mencampurkan atau mengaduk adonan juga perlu diperhatikan. Ajaran dari ibu saya adalah kalau kue biasa ini dicampur pakai mixer, sedangan brownies cukup diaduk dengan balloon whisk saja. Jadi aduknya juga pelan-pelan dan sampai adonannya tercampur rata saja. Setelah itu, memanggangnya juga jangan terlalu lama. Idealnya sampai 30 menit.

Yuk, intip resep brownies pisang berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 4 buah pisang ambon
  • 1 cup tepung terigu
  • ¬Ĺ cup¬†mentega
  • 1 butir telur
  • 3 sdm¬†brown sugar
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • ¬Ĺ sdt bubuk kayu manis
  • sejumput kecil¬†seasalt
  • raw cacao nibs

Cara membuat:

  1. Lelehkan mentega dan biarkan dingin dalam wadah.
  2. Masukkan pisang yang telah dipotong kecil kemudian hancurkan menggunakan garpu sampai teksturnya seperti bubur
  3. Masukkan telur, brown sugar, ekstrak vanili, baking soda, dan seasalt. Aduk dengan balloon whisk sampai tercampur rata. Tambahkan tepung terigu dan aduk rata.
  4. Siapkan loyang yang telah diolesi mentega dan dilumuri tepung terigu, lalu tuangkan adonan
  5. Taburkan raw cacao nibs dan kacang almond di atasnya
  6. Panggang selama 30 menit.

Sebenarnya brownies ini menggunakan macam-macam topping seperti choco chip atau potongan buah pisang. Namun, saya masih memiliki stock raw cacao nibs dari Big Tree Farms. Apa sih cacao nibs? Bahan makanan yang dikategorikan dalam superfood ini merupakan biji cokelat yang telah dipanggang lalu dipasahkan dari kulitnya kemudian menjadi potongan kecil.

Rasanya jangan disamakan dengan cokelat pada umumnya karena tidak manis. Walaupun tidak manis, tapi cokelat ini bisa mendukung gaya hidup sehat. Sebab, cacao nibs mengandung antioksidan dan polifenol untuk membuat kulit menjadi lebih bersih dan ada efek anti-aging. Cacao nibs juga bisa mengontrol tekanan darah dan gula. Yuk, ganti camilan cokelat biasa dengan cacao nibs!

Catatan:

* Saya menggunakan oven kompor

*Silakan menambahkan takaran bahan-bahan karena ingin lebih kaya rasa atau adonan belum terbentuk dengan sempurna

Leave a Reply