Resep Ayam Kuluyuk Alias Ayam Asam Manis

Tiada hari tanpa resep ayam karena saya memang suka banget ayam dan nggak begitu suka daging-dagingan, kayak daging sapi. Kalaupun daging ikan saya juga suka, cuma lebih praktis mengolah ayam untuk bekal makan siang hehe. Kali ini saya coba bikin ayam kuluyuk alias ayam asam manis yang praktis. Dari namanya aja sudah kebayang sedapnya gimana karena ada tiga rasa sekaligus dalam menu ini (yang satu lagi pedas)!

Ada yang sudah familiar dengan ayam kuluyuk? Saya tahu menu ini karena sempat icip kedai kaki lima yang cukup terkenal di bilangan Menteng. Nama kedainya adalah Ayam Malaya yang punya menu andalan ayam kuluyuk dan gohiong. Dimakan dengan nasi goreng putih rasanya nikmat banget! Menu ini merupakan ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung lalu disiram saus yang kental dan dilengkapi sayuran segar. Menu ini dikenal dengan nama kuluyuk karena begitulah sebutannya di restoran khas peranakan.

Saya baru beberapa kali membuat menu ini di rumah dalam rangka eksplorasi menu ayam (bisa intip resep orange chicken dan ayam teriyaki) Ternyata buatnya gampang dan bisa ditambahin sayur-sayuran biar nutrisinya makin lengkap. Mulai dari paprika, buncis, kacang polong, hingga wortel dan timun. Kali ini saya menggunakan wortel dan timun yang gampang didapatkan di mbak sayur. Yuk, simak resep ayam kuluyuk berikut ini.

Bahan-bahan (untuk 4 porsi)

Ayam

  • 2 buah dada ayam
  • tepung bumbu ayam goreng crispy
  • air perasan lemon/jeruk nipis
  • air dingin
  • minyak goreng

Saus asam manis pedas

  • 4 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • 2 buah wortel gendut (kalau kurus pakai 4 buah ya)
  • 1 buah timun
  • 1/2 butir bawang bombay
  • 1 siung bawang putih
  • 100 ml air
  • 1 sdm air perasan lemon
  • 1 sdt tepung maizena
  • garam
  • lada
  • minyak goreng
  • bubuk cabai kasar/Bon Cabe

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ayam dan lumuri dengan air perasan lemon/jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit lalu potong berbentuk dadu
  2. Dalam mangkuk, larutkan tepung bumbu dengan air dingin. Lalu siapkan 1 piring berisi tepung bumbu kering
  3. Lumuri ayam dengan tepung bumbu kering, adonan tepung bumbu basah, dan tepung bumbu kering. Lalu pijat-pijat agar teksturnya crispy
  4. Goreng dengan api sedang sampai warnanya kuning keemasan dan teksturnya crispy. Angkat dan tiriskan
  5. Untuk saus asam manis pedas: cuci bersih timun dan wortel, tiriskan, lalu potong memanjang
  6. Pada wajan yang teleh diisi 1 sdm minyak goreng panas, tumis bawang bombay yang telah diiris tipis memanjang dan bawang putih cincang. Tumis sampai harum dengan api kecil
  7. Masukkan saus tomat, saus tiram, minyak wijen, dan air. Lalu aduk rata
  8. Masukkan wortel dan timun serta air perasan lemon, lalu masak sampai mendidih.
  9. Campurkan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air, garam, dan lada. Aduk rata kembali sampai teksturnya mengental.
  10.  Jika sudah mendidih matikan api dan masukkan ayam goreng tepung, aduk rata sampai tercampur.
  11. Agar ada rasa pedasnya, taburkan bubuk cabai kasar atau Bon Cabe dan aduk rata kembali. Siap dihidangkan!

Yuk, Buat Saus Asam Manis yang Segar!

Bagi kalian yang suka banget olahan saus asam manis, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar rasanya makin nikmat dan ada sensasi segarnya. Saya menggunakan air perasan lemon agar rasa sausnya segar. Kalau nggak ada lemon, kalian juga bisa pakai nanas dengan cara diparut sampai halus lalu dimasukkan ke saus. Selain itu, saya juga menggunakan saus tiram dan minyak wijen agar rasanya makin kaya, yakni ada rasa gurihnya.

Sementara bagi kalian yang nggak begitu suka rasa saus tomat karena ada hint kimianya, bisa bikin saus tomat sendiri lho. Caranya dengan mencuci bersih tomat, iris dadu, lalu hancurkan dengan food processor atau blender dengan menambahkan air perasan lemon, garam, lada, dan bawang putih yang telah dicincang.  Setelah itu, untuk menciptakan rasa pedas bisa ditambahkan bubuk cabai. Sedap!

6 comments / Add your comment below

    1. Iya mba, ini aja jadi menu sehari-hari di rumah. Diganti udang, cumi, atau tahu juga enak. Selamat mencoba mbak Muthi 🙂

  1. Contek resep mbak. Kebetulan ada stok ayam fillet dikulkas. Bingung mau dibikin apa.
    Rencana kemaren pas beli, mau dibikin nugget, lha kug ternyata aku males. Hehe.
    Pilih yang simple2 aja..

Leave a Reply