Sarapan Praktis: Apple Pie Oatmeal & Toasted Almond

Secara nggak sadar, post dua terakhir ini semuanya menu sarapan. Beberapa hari ke belakang ini memang lagi getol banget menentukan menu sarapan. Saya adalah tipe morning person yang harus sarapan biar bisa set mood lebih baik seharian. Apalagi pagi itu adalah waktu krusial karena di waktu itu biasanya saya semangat-semangatnya kepikiran ide untuk kerjaan atau apapun itu.

Selain itu, di tahun ini saya ingin say goodbye sama nasi uduk, bubur ayam, Indomie, gorengan, dan lontong sayur yang jadi menu sarapan saya biasanya. Jadi intinya ingin menerapkan pola makan yang lebih sehat. Maka saya langsung stock oatmeal untuk dimakan sebagai selingan roti maupun smoothie. Terakhir kali makan oatmeal juga kayaknya SMA karena nggak pernah terpikir mau dicampur apa. Jadi ya beli oatmeal kemasan di supermarket terus langsung dimakan dan rasanya……. nothing special, hahaha.

Nggak menutup kemungkinan saya akan merekomendasikan berbagai resep oatmeal ke depannya. Nah kali ini karena saya lagi pengen banget apple pie, tapi males bikin kulit pastry-nya, maka resep oatmeal pertama ini dibikin serupa. Yuk, intip resep apple pie oatmeal berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 4 sdm oatmeal
  • 200 ml susu putih cair
  • 2 sdt bubuk kayu manis
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm brown sugar
  • 1 buah apel
  • kacang almond
  • maple syrup

Cara membuat:

  1. Cuci bersih apel dan potong sesuai selera
  2. Campurkan oatmeal, potongan apel, brown sugar, air, madu, bubuk kayu manis, dan susu cair ke panci. Masak sampai teksturnya berubah sesuai yang diinginkan sambil terus diaduk pelan. Mau cair atau mau agak padat seperti bubur.
  3. Tuang ke mangkuk dan sajikan bersama kacang almond yang sudah disangrai. Jika terasa kurang manis bisa ditambahkan maple syrup.

Oatmeal sering disebut sebagai bahan pangan yang menyehatkan dan bisa menjaga berat badan. Ini dikarenakan oatmeal yang merupakan biji-bijian masih menyimpan kulit ari yang bergizi. Kandungannya yakni vitamin B, mineral, dan serat larut.

Kandungan tersebut bisa membuat rasa kenyang terasa Lebih lama karena serat larutnya memberi asupan bagi bakteri baik di usus. Oatmeal juga bisa menurunkan kolesterol jahat. Uniknya, mau dimasak berapa lama pun sesuai selera kelembekan oatmeal, kandungannya tidak akan berkurang. Kira-kira besok masak oatmeal rasa apa lagi ya?

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply