Antre Order Pisang Nugget? Yuk, Bikin Sendiri

Enggak bisa dipungkiri, makin ke sini makin banyak jajanan kekinian yang menggoda buat dipesan lewat GO-FOOD atau GRAB Food. Salah satunya adalah pisang nugget yang nggak kalah hits dari pisang madu Bu Nanik. Jajanan ini basic-nya pisang yang dibaluti tepung panir layaknya nugget. Menariknya, bagian atas pisang dikasih topping yang bermacam-macam. Ada cokelat, keju, oreo, hingga berbagai selai. Beberapa gerai malah memberikan topping berlimpah yang bikin ngiler banget.

Untuk mendapatkan pisang nugget di Jakarta nggak gampang loh ternyata. Berdasarkan info dari teman-teman, plus akhirnya saya nyobain sendiri, kita harus pre order. Caranya dulu-duluan comment di Instagram mereka biar masuk kuota pengiriman hari itu. Kalah cepat? Say goodbye to this hip snack! Eits, kekhawatiran kalian mencicipi pisang nugget akan terpenuhi karena cara bikinnya ternyata gampang. Setelah liat video Yuda Bustara, akhirnya saya mempraktikannya dan… berhasil! Yuk, bikin sendiri pisang nugget-nya.

Bahan-bahan:

  • 5 buah pisang uli
  • 7 sdm tepung terigu
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm krimer (bisa diganti susu kental manis putih
  • 4 butir telur
  • 4 sdm tepung panko/panir
  • dark chocolate
  • kacang almond
  • susu kental manis putih
  • keju

Cara membuat:

  1. Potong pisang sesuai selera, masukkan ke dalam blender atau food processor. Tuangkan 5 sdm tepung terigu, 1 sdm gula pasir, 2 sdm krimer, dan 2 butir telur. Blender hingga semuanya tercampur dan menjadi adonan yang kentalDSCF6499
  2. Siapkan loyang panjang yang telah dilapisi mentega dan ditaburi sedikit tepung terigu. Tuangkan adonan ke loyang. Kukus selama 15 menit
  3. Angkat dan diamkan di suhu ruangan sampai dingin. Jika langsung mau diolah, tunggu sampai dingin. Jika mau diolah nanti, bisa disimpan di kulkas (tahan sampai seminggu)
  4. Potong pisang sesuai selera, biasanya bentuk nugget ayam pada umumnyaDSCF6502
  5. Lumuri potongan tersebut ke tepung terigu, kemudian 2 butir telur yang sudah dikocok, dan terakhir lumuri di tepung panko. Jika adonan tepung ingin lebih tebal, ulang proses tersebut.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskanDSCF6503
  7. Letakkan di piring/nampan. Lapisi bagian atas dengan cokelat leleh  (cokelat batangan dipotong kecil-kecil, panaskan di atas teflon dengan api sedang selama 1 menit) dan taburkan kacang almond yang sudah disangrai. Bisa juga dilapisi dengan susu kental manis putih dan taburan keju parut.

Membuat pisang nugget itu sebenarnya tricky. Kenapa? Soalnya saat membalutnya dengan tepung panko itu berantakan dan nggak terlalu nempel. Apalagi pas digoreng, terkadang ada beberapa bagian yang gundul. Untuk kalian yang menjunjung tinggi kesempurnaan, ada cara jitu biar tampilan nugget-nya bagus.

DSCF6531

Caranya dengan menggunakan tiga jenis tepung panko. Kalau kalian lihat di supermarket atau pasar, memang ada perbedaannya dilihat dari butiran. Pilih tepung panir kasar, halus, dan yang berwarna oranye. Untuk yang halus gunanya agar proses pembalutan rata. Untuk yang kasar, akan membuat nugget menjadi renyah. Sedangkan yang berwarna oranye agar terlihat lebih menarik.

Kalian juga bisa membuat aneka topping. Misalnya cokelat leleh yang di atasnya ditaburi biskuit Oreo yang sudah ditumbuk. Bisa juga pakai bubuk green tea yang sudah dibuat seperti krim atau bisa juga dengan aneka selai buah-buahan sesuai selera. Masih rela antre buat pisang nugget?

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply